Bagaimana cara menggunakan spironolactone?

image
Spironolactone adalah obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Obat ini bekerja dengan cara menghambat penyerapan garam (natrium) berlebih dalam tubuh dan menjaga kadar kalium dalam darah agar tidak terlalu rendah, sehingga tekanan darah dapat ditekan. Dengan menurunkan tekanan darah, spironolactone bermanfaat untuk mencegah stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal, yang merupakan komplikasi dari hipertensi. Cara menggunakan obat ini yang benar?

Cara penggunaan Spironolactone

Minum obat ini sesuai arahan dokter. Jika Anda merasa mual, bisa dibarengi dengan makanan atau susu. Sangat baik untuk meminum obat pada pagi hari (sebelum pukul 6 sore) agar menghindari terbangun pada malam hari untuk buang air kecil. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker jika Anda memiliki pertanyaan.

Dosis selalu diberikan berdasarkan kondisi kesehatan Anda dan bagaimana Anda merespon terapi. Pada anak-anak, dosis juga didasarkan pada berat badan.

Minum obat ini secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal. Ingatlah untuk selalu meminumnya pada waktu yang sama setiap harinya sesuai arahan. Sangat penting untuk melanjutkan mengonsumsi obat walau Anda merasa sudah lebih baik. Kebanyakan orang dengan tekanan darah tinggi tidak merasa dirinya sakit.

Minum obat ini sesuai dengan yang disarankan. Jangan menambah dosis Anda, mengonsumsinya lebih sering dari yang disarankan, atau berhenti minum obat tanpa konsultasi dengan dokter Anda. Kondisi Anda mungkin akan bertambah parah ketika Anda berhenti mengonsumsi obat dengan tiba-tiba.

Dosis untuk anak-anak dengan hipertensi:
Neonatal: 1 sampai 3 mg/kg/hari setiap 12 hingga 24 jam.
Anak-anak: 1.5 sampai 3.3 mg/kg/hari atau 60 mg/m2/hari dosis dibagi menjadi setiap 6 sampai 12 jam tidak melebihi 100 mg/hari.

Dosis untuk anak-anak dengan diagnosis primer hiperaldosteronisme:
Anak-anak: 100 sampai 400 mg/m2/hari terbagi menjadi 1 atau 2 dosis

https://hellosehat.com/obat/spironolactone/