Bagaimana cara menggunakan serum wajah yang tepat agar hasilnya maksimal?

cara menggunakan serum

Serum memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi dibandingkan pelembap biasa. Bahan aktif tersebut diformulasikan sedemikian rupa sehingga bisa langsung terserap kulit. Oleh karena itu serum biasanya bertekstur lebih cair daripada pelembap, dan aplikasinya pun berbeda dari pelembap. Agar serum bekerja efektif pada kulit dan memberikan hasil yang maksimal, cara pemakaiannya harus diperhatikan.

Bagaimana cara menggunakan serum wajah yang tepat agar hasilnya maksimal?

1. Bersihkan Wajah
Sangat penting membersihkan wajah secara menyeluruh agar serum bisa terserap maksimal ke dalam kulit. Gunakan makeup remover atau cleansing oil untuk menyingkirkan makeup, dilanjutkan dengan facial foam setelah itu toner. Kulit pun siap menerima perawatan serum.

2. Aplikasikan Pada Kulit yang Masih Lembap
Gunakan serum tepat setelah wajah dibersihkan, selagi masih lembap. Kulit yang lembap dipercaya 10 kali lebih baik menyerap formula ketimbang kulit kering.

Tuangkan seru secukupnya ke telapak tangan, lalu gosokkan kedua telapak agar suhunya lebih hangat. Trik ini membuat serum lebih mudah terserap ke dalam ke kulit. Kemudian tekan-tekan telapak tangan Anda ke wajah dimulai dari area hidung, mengarah keluar ke pipi, lalu dahi dan dagu. Memakai serum dengan cara ditekan-tekan lebih efektif melepaskan bahan aktif ke kulit ketimbang mengoleskannya menggunakan jari.

3. Jangan Terlalu Banyak
Serum memiliki bahan aktif yang sangat terkonsentrasi. Jadi pemakaian sedikit saja sudah cukup untuk merawat seluruh wajah. Selain itu jika terlalu banyak mengaplikasikannya pada wajah, formula serum justru lebih sulit masuk ke kulit. Dua atau tiga tetes serum sudah lebih dari cukup.

4. Pakai Pelembap
Perlu diingat, serum bukanlah pelembap. Anda tetap memerlukan moisturizer untuk melembapkan dan ‘mengunci’ formula serum pada wajah. Setelah memakai serum, tunggu kira-kira lima menit sebelum aplikasi pelembap.

Manfaat dari serum diantaranya membantu meremajakan kulit, melembapkan, menutrisi, meratakan warna kulit, menyamarkan noda, serta menyamarkan garis halus dan keriput.

Kulit memerlukan serum layaknya tubuh membutuhkan vitamin. Untuk itu, jangan remehkan bentuknya yang dikemas dalam botol kecil karena di dalamnya terkandung bahan aktif yang bermanfaat untuk kulit. Agar hasil serum wajah maksimal, perlu mengetahui cara memakai serum wajah dengan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam menggunakan serum wajah sendiri ada cara dan urutan yang harus diikuti agar hasilnya maksimal, berikut ini aturan pemakaian serum wajah yang perlu diketahui :

1. Bersihkan wajah

Sebelum menggunakan serum maupun memulai rangkaian skin care mana pun, harus membersihkan wajah terlebih dahulu dari make-up dan kotoran agar serum bisa meresap sempurna ke dalam kulit.

2. Keringkan wajah

Urutan pemakaian serum wajah selanjutnya adalah mengeringkan wajah menggunakan handuk bertekstur lembut dengan gerakan ditekan-tekan atau boleh juga mengelap ke atas. Namun, jangan sampai wajah benar-benar kering. Jadi, perlu membuat wajah tetap lembap. Hal ini dikarenakan kondisi wajah yang lembap akan membuat serum bekerja lebih maksimal. Maka dari itu, sebagai cara memakai serum wajah yang benar, sebisa mungkin buatlah wajah tetap lembap ketika ingin menggunakannya.

3. Tuang serum secukupnya

Tuangkan serum secukupnya pada wajah atau telapak tangan. Bila serum berbentuk cairan atau krim, maka tuangkanlah ke ujung jari telunjuk atau pun jari telunjuk dan juga jari tengah. Bila serum Anda berbentuk oil dan terdapat pipet pada kemasannya, maka cara memakai serum wajah bisa dilakukan dengan menuangkan pada telapak tangan atau pun langsung diteteskan pada wajah. Menggunakan serum dengan tangan bisa membuat serum meresap lebih baik ke dalam kulit. Hindari menggunakan serum dengan bantuan alat lain seperti kuas atau kapas.

4. Ratakan serum

Urutan pemakaian serum wajah yang juga tak boleh dilewatkan adalah meratakan serum ke seluruh wajah. Caranya dengan mengusapkan serum dengan lembut menggunakan dua buah jari Anda, yaitu jari tengah dan jari telunjuk. Kemudian lakukan gerakan memutar dan ke arah atas.

5. Pijat lembut wajah

Pemakaian serum wajah juga harus disertai dengan memijat wajah dengan mengikuti 8 gerakan berikut ini:

A. Gerakan 1
Tekan pipi kanan dan kiri dengan jari-jari tangan kanan dan kiri, lalu tarik jari ke atas hingga kening. Ulangi hingga 3 kali. Gerakan ini bisa membantu serum terserap maksimal dan membantu wajah tampak cerah. Selain itu, krim yang digunakan juga lebih terserap maksimal.

B. Gerakan 2
Selanjutnya, letakkan kedua tangan pada kening, kemudian tekan dengan lembut jari-jari dari kening terus bergerak sampai dagu. Gerakan ini memiliki manfaat untuk merilekskan otot wajah.

C. Gerakan 3
Letakkan kedua telapak tangan di kedua sisi hidung di mana empat jari di pipi dan empat jempol di bawah rahang. Kemudian, tekan dan usap area tersebut sambil sedikit ditekan dengan gerakkan tangan ke arah luar dan atas. Lakukan juga pada leher. Fungsi dari gerakan ini membantu meremajakan sel kulit dan membuat kulit tampak cerah.

D. Gerakan 4
Gerakan selanjutnya adalah dengan memijat dengan gerakan memutar area pipi di dekat hidung dengan dua jari. Setelah itu, tekan dan tarik area tersebut hingga pelipis dan pinggir kening. Lakukan gerakan ini hingga 4 kali. Gerakan ini juga bisa dilakukan dengan rutin untuk membuat kulit terasa kencang dan membantu menyamarkan garis-garis halus serta kerutan.

E. Gerakan 5
Lakukan gerakan ini dengan meletakkan jari tengah dan telunjuk pada kedua sisi bibir. Tekan dan sedikit lakukan pijatan ke arah atas. Kemudian tarik dengan lembut area tersebut dan pijat hingga ke dekat telinga. Lakukan gerakan ini sebanyak 4 kali. Langkah ini bisa membuat kulit menjadi kencang, membuat peredaran darah menjadi lancar, dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

6. Tempelkan telapak tangan

Urutan pemakaian serum wajah yang terakhir adalah dengan menempelkan telapak tangan Anda pada wajah. Caranya dengan menggosok-gosok terlebih dahulu telapak tangan agar lebih hangat. Urutan ini bertujuan untuk mengalirkan suhu hangat pada wajah. Setelah cukup, tekan seluruh permukaan wajah dengan telapak tangan hingga terasa sudah tidak hangat lagi. Ulangi gerakan ini beberapa kali. Lakukan gerakan ini pada area dahi saja atau pipi saja selama mengulangi gerakan.

  1. Cuci dan eksfoliasi kulit Anda sebelum Anda mengoleskan serum.
    Sebelum Anda mengoleskan serum, cuci muka Anda dengan mencuci muka atau scrub. Basahi wajah Anda, lalu pijatkan wajah Anda di dahi, pipi, hidung, dan dagu Anda. Gerakkan jari-jari Anda dalam gerakan melingkar yang kecil, lalu bilas wajah hingga bersih. Mencuci wajah menghilangkan kotoran dan minyak superfisial, sementara pengelupasan masuk ke pori-pori Anda untuk pembersihan yang dalam. Untuk hasil terbaik, cuci muka setiap hari dan eksfoliasi kulit Anda 3-4 kali seminggu. Jangan gunakan exfoliator manual dan exfoliator kimia seperti asam glikolat pada hari yang sama.

  2. Oleskan 1 tetes ke setiap bagian wajah Anda jika menggunakan serum tipis. Jumlah serum yang Anda gunakan akan bervariasi tergantung pada konsistensi bahan. Saat menggunakan serum yang lebih tipis, Anda hanya perlu sedikit. Oleskan 1 tetes ke jari Anda, lalu gosokkan ke pipi Anda. Ulangi langkah ini untuk pipi yang lain, serta daerah dahi dan hidung / dagu Anda. Gosok serum dengan lembut dalam gerakan ke atas.

  3. Hangatkan 3-5 tetes di tangan Anda sebelum mengoleskan serum tebal ke wajah. Serum yang lebih padat perlu dihangatkan sebelum Anda menerapkannya. Untuk melakukan ini, teteskan beberapa tetes ke telapak tangan Anda, lalu gosok kedua tangan Anda. Ini juga mendistribusikan produk pada kedua tangan Anda secara merata. Kemudian, gunakan gerakan menekan yang lembut untuk mengoleskan serum pada wajah Anda. Tutupi kedua pipi, dahi, hidung, dan dagu Anda.

  4. Ketuk kulit Anda dengan lembut selama 30-60 detik hingga serum terserap. Setelah Anda menggosokkan serum ke kulit Anda, letakkan jari-jari Anda di pipi dan tekan kulit Anda dengan gerakan melingkar yang kecil. Ulangi ini di seluruh wajah Anda selama sekitar satu menit.

  5. Tunggu satu menit untuk menerapkan pelembab ke seluruh wajah Anda. Serum Anda sebagian besar akan larut ke dalam kulit Anda setelah sekitar satu menit. Lalu, peras pelembab dalam ukuran sepeser pun ke tangan Anda, dan gosokkan ke dahi, pipi, hidung, dan dagu Anda.

  • Pelembab menyegel semua sifat bergizi serum, sehingga kulit Anda akan terlihat bercahaya dan bercahaya dalam waktu singkat.
  • Jika Anda melakukan ini di pagi hari, Anda dapat merias wajah Anda setelah Anda menggunakan pelembab. Beri pelembab sebentar lagi agar kering sebelum memulai riasan rutin Anda.

Berikut 4 tips dalam menggunakan serum wajah agar mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Gunakan Serum Sebelum Pelembab

Jika anda sering menggunakan serum maka sebaiknya mulai dari sekarang coba perhatikan cara pemakaiannya agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Sebelum menggunakan pelembab wajah sebaiknya gunakanlah terlebih dahulu serum sehingga kulit anda akan terasa lembab tidak hanya diluar tetapi didalam juga. Nah, setelah itu baru anda gunakan pelembab untuk melindungi kulit dari luar agar kulit wajah tidak langsung bersentuhan dengan matahari.

2. Jangan Langsung Pakai Pelembab

Pelembab dan serum sama pentingnya untuk kesehatan kulit anda sehingga keduanya harus digunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa gunakanlah serum terlebih dahulu sebelum menggunakan pelembab. Nah,setelah menggunakan serum biarkan dahulu untuk beberapa waktu agar serum berpenetrasi kedalam kulit dahulus setelah itu baru gunakan pelembab, jadi harus ada jeda atau selang waktu agar keduanya tidak tercampur sehingga anda akan mendapatkan hasil efektif.

3. Gunakan Serum Secukupnya

Walaupun serum sangat efektif untuk membuat kulit cerah bukan berarti anda bisa menggunakannya berkali-kali secara berlebihan, hal ini malah akan membuat kulit anda menjadi berminyak. Sebaiknya cukup gunakan dua atau tiga tetes serum pada wajah anda maka ini sudah lebih dari cukup untuk menjaga kesehatan kulit wajah anda dan apabila digunakan secara teratur maka akan membuat anda terlihat awet muda.

4. Memilih Serum

Setiap serum yang dijual dipasaran sudah tertera apa saja fungsi dan kegunaanya sehingga anda tidak pilih saja sesuai kebutuhan tidak perlu pusing-pusing lah. Namun, usahakan untuk membeli produk kosmetik ditempat terpercaya agar anda tidak tertipu barang palsu.