Bagaimana cara menggunakan ramipril?


Ramipril adalah obat ACE inhibitor yang bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Obat ini bekerja dengan menghambat hormon yang merubah angiotensin I menjadi angiotensin II. Angiotensin II merupakan zat yang membuat pembuluh darah menyempit. Dengan tidak terbentuknya angiotensin II, otot pembuluh darah lemas dan pembuluh darah akan lebih lebar, sehingga darah dapat mengalir lebih lancar dan tekanan darah turun. Dengan normalnya tekanan darah, komplikasi seperti stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal dapat dicegah. Ramipril juga digunakan untuk mengatasi gagal jantung serta membantu pemulihan pasien yang mengalami serangan jantung. Bagaimana cara penggunaannya?

Minumlah obat ini lewat mulut sebelum atau sesudah makan seperti yang dianjurkan oleh dokter, biasanya sekali atau dua kali sehari.

Jika Anda menggunakan obat ini dalam bentuk kapsul, telan seluruhnya. Jika Anda memiliki kesulitan menelan kapsul, bisa dibuka dan dicampur dengan sedikit air dingin (4 ons) atau dicampur ke dalam gelas air atau jus apel 4 ons/120 ml). Telan atau minum seluruhnya.
Untuk mengurangi risiko dari efek samping, dokter Anda akan memulai dengan dosis kecil yang kemudian dinaikkan secara bertahap, sesuai instruksi dokter.
Gunakan pengobatan ini secara teratur untuk mendapatkan khasiat yang terbaik. Untuk membantu Anda mengingat dosis, minum obat tersebut di waktu yang sama setiap hari. Penting untuk melanjutkan pengobatan ini sampai sembuh. Kebanyakan orang dengan tekanan darah tinggi tidak merasa sakit.
Untuk penanganan tekanan darah tinggi, butuh beberapa minggu sebelum mendapatkan khasiat dari pengobatan ini.

Konsultasikan dengan dokter Anda jika kondisi Anda tidak membaik, atau bahkan memburuk.

Sumber : hellosehat.com