Bagaimana cara menggunakan Minitab?


Minitab adalah program statistik yang memungkinkan Anda untuk cepat memasukkan data, lalu menjalankan berbagai analisis pada data tersebut. Anda dapat mempersiapkan bagan dan menghitung regresi dengan cepat, lalu memasukkan data dengan cara kerja yang sangat mirip Excel. Minitab dapat menyelesaikan banyak pekerjaan sulit dalam perhitungan statistik.

Bagaimana cara menggunakan Minitab ?

Gambaran Bidang statistik menyediakan prinsip dan metode untuk mengumpulkan, meringkas, dan menganalisis data, dan untuk menafsirkan hasil. Anda menggunakan statistik untuk menggambarkan data dan membuat kesimpulan. Kemudian, Anda menggunakan kesimpulan untuk meningkatkan proses dan produk. Minitab menyediakan banyak analisis statistik, seperti regresi, ANOVA, alat kualitas, dan rangkaian waktu. Grafik bawaan membantu Anda memvisualisasikan data Anda dan memvalidasi hasil Anda. Di Minitab, Anda juga dapat menampilkan dan menyimpan statistik dan tindakan diagnostik. Dalam bab ini, Anda menilai jumlah pesanan terlambat dan pesanan kembali, dan menguji apakah perbedaan waktu pengiriman antara tiga pusat pengiriman secara statistik signifikan.

Ringkas data
Statistik deskriptif merangkum dan menggambarkan fitur-fitur data yang menonjol. Gunakan Tampilan Statistik Deskriptif untuk menentukan berapa banyak pesanan buku yang dikirimkan tepat waktu, berapa banyak yang terlambat, dan berapa banyak yang awalnya dipesan kembali untuk setiap pusat pengiriman.

Tampilkan statistik deskriptif

  1. Buka data sampel, ShippingData.MTW.
  2. Pilih Stat> Statistik Dasar> Tampilkan Statistik Deskriptif.
  3. Dalam Variabel, masukkan Hari.
  4. Dalam Menurut variabel (opsional), masukkan Status Pusat.

image

Untuk sebagian besar perintah Minitab, Anda hanya perlu mengisi kotak dialog utama untuk menjalankan perintah. Seringkali, Anda menggunakan kotak sub-dialog untuk memodifikasi analisis atau untuk menampilkan output tambahan, seperti grafik.
5. Klik Statistik.
6. Hapus centang Kuartil pertama, Median, Kuartil ketiga, N tidak hilang, dan N hilang.
7. Periksa N total.
image

  1. Klik OK di setiap kotak dialog.
    CatatanPerubahan yang Anda buat di kotak dialog Sub-statistik hanya memengaruhi sesi saat ini. Untuk mengubah opsi default untuk sesi mendatang, pilih Alat> Opsi. Luaskan Perintah Individual dan pilih Tampilkan Statistik Deskriptif. Pilih statistik yang ingin Anda tampilkan. Ketika Anda membuka kotak sub-dialog Statistik lagi, ini akan menampilkan opsi baru Anda.

Jendela Sesi menampilkan hasil masing-masing pusat secara terpisah. Dalam setiap pusat, Anda dapat melihat jumlah pesanan kembali, pesanan terlambat, dan pesanan tepat waktu di kolom Total Count:

Pusat pengiriman Timur memiliki pesanan paling banyak (8) dan pesanan terlambat (9).
Pusat pengiriman pusat memiliki pesanan paling banyak berikutnya (6) dan pesanan terlambat (6). Pusat pengiriman Barat memiliki pesanan kembali paling sedikit (3) dan tidak ada pesanan terlambat.

Output jendela Sesi juga mencakup rata-rata, kesalahan standar rata-rata, standar deviasi, minimum, dan maksimum waktu pengiriman dalam beberapa hari untuk masing-masing pusat. Statistik ini tidak ada untuk pesanan kembali.

Bandingkan dua atau lebih cara
Salah satu metode yang paling umum digunakan dalam analisis statistik adalah pengujian hipotesis. Minitab menawarkan banyak tes hipotesis, termasuk uji-t dan ANOVA (analisis varian). Biasanya, ketika Anda melakukan tes hipotesis, Anda menganggap klaim awal itu benar, dan kemudian menguji klaim ini menggunakan data sampel.

Tes hipotesis meliputi dua hipotesis (klaim), hipotesis nol (H0) dan hipotesis alternatif (H1). Hipotesis nol adalah klaim awal dan sering ditentukan berdasarkan penelitian sebelumnya atau pengetahuan umum. Hipotesis alternatif adalah apa yang Anda yakini benar.

Mengingat analisis grafis pada bab sebelumnya dan analisis deskriptif di atas, Anda mencurigai bahwa perbedaan dalam jumlah rata-rata hari pengiriman di seluruh pusat pengiriman secara statistik signifikan. Untuk memverifikasi ini, Anda melakukan ANOVA satu arah, yang menguji kesetaraan dua atau lebih cara. Anda juga melakukan uji perbandingan berganda Tukey untuk melihat rata-rata pusat pengiriman yang berbeda. Untuk ANOVA satu arah ini, hari pengiriman adalah jawabannya, dan pusat pengiriman adalah faktornya.

Lakukan ANOVA

  1. Pilih Stat> ANOVA> One-Way.
  2. Pilih Data respons ada dalam satu kolom untuk semua tingkat faktor.
  3. Sebagai Respons, masukkan Hari. Di Factor, masukkan Pusat.

image

  1. Klik Perbandingan.
  2. Di bawah Prosedur perbandingan dengan asumsi varian sama, periksa Tukey.

image

6.Klik OK.
7. Klik Grafik. Untuk banyak perintah statistik, Minitab menyertakan grafik yang membantu Anda menginterpretasikan hasil dan menilai validitas asumsi statistik. Grafik ini disebut grafik bawaan.
8. Di bawah Petak data, periksa Petak interval, Petak nilai individu, dan Petak data.
9. Di bawah plot Residual, pilih Empat dalam satu.

image
10. Klik OK di setiap kotak dialog.
11. ANOVA satu arah: Days versus Center

Tafsirkan grafik ANOVA
Minitab menghasilkan grafik berikut:

  • Plot residual empat-dalam-satu
  • Plot interval
  • Plot nilai individual
  • Boxplot
    Tukey 95% plot interval kepercayaan
    Anda memeriksa plot sisa terlebih dahulu. Kemudian, Anda memeriksa plot interval, plot nilai individu, dan plot kotak bersama-sama untuk menilai kesetaraan sarana. Akhirnya, Anda memeriksa plot interval kepercayaan Tukey 95% untuk menentukan signifikansi statistik.

Gunakan plot residual, yang tersedia dengan banyak perintah statistik, untuk memverifikasi asumsi statistik.

Plot Probabilitas Normal
Gunakan plot ini untuk mendeteksi nonnormalitas. Poin yang kira-kira mengikuti garis lurus menunjukkan bahwa residu terdistribusi normal.

Histogram
Gunakan plot ini untuk mendeteksi beberapa puncak, outlier, dan nonnormalitas. Cari histogram normal, yang kira-kira simetris dan berbentuk lonceng.

Versus Order
Gunakan plot ini untuk mendeteksi varian tidak konstan, tidak ada persyaratan tingkat tinggi, dan pencilan. Cari residu yang tersebar secara acak di sekitar nol.
Dibandingkan pesanan
Gunakan plot ini untuk mendeteksi ketergantungan waktu dari residu. Periksa plot untuk memastikan bahwa residu tidak menunjukkan pola yang jelas.
Untuk data pengiriman, petak residu empat-dalam-satu menunjukkan tidak ada pelanggaran asumsi statistik. Model ANOVA satu arah cocok dengan data dengan relatif baik.

Detail

Getting Started - Minitab