Bagaimana cara menggendong kelinci yang baik?

image

Ada yang mengatakan bahwa menggendong kelinci harus hati-hati agar kelinci tidak syok/cedera, lalu bagaimana caranya?

Berikut cara memegang kelinci dengan baik:

image

Cara memegang atau mengangkat kelinci yang salah :

  1. Mengangkat kelinci dengan memegang ke dua telinga kelinci. It’s fatality guys! Ini dapat berakibat saraf telinga akan rusak karena telinga kelinci sensitif dan tidak mampu menahan berat tubuhnya sehingga otot telinga kelinci akan rusak. Apalagi bila kelinci meronta-ronta saat diangkat telinganya ini dapat berakibat kepala kelinci bisa miring dan cacat seumur hidupnya, itu juga karena merasa tidak nyaman ya guys.

  2. Mengangkat kelinci dengan memegang kedua kaki belakang. Hal ini akan mengganggu peredaran darah, akibatnya darah menumpuk pada kepala dan posisi organ berubah yang sangat memungkinkan jaringan organ akan putus dan otot pun akan berubah,

Cara mengangkat atau memegang kelinci dengan benar :

  1. Memegang pundak kelinci seperti kebanyakan orang memegang kucing, dengan tangan terkuat. Apabila kelinci terlihat meronta-ronta gantilah ke cara yang ke-2 atau ke-3. Karena cara ini tidak dianjurkan walaupun aman. Atau direkomendasikan ukuran sedang, untuk ukuran yang kecil dapat dipegang seperti memegang bola kasti dengan tangan tertelungkup.

  2. Pegang tengkuk atau punggung dengan salah satu tangan. Setelah terangkat, tangan yang lain digunakan untuk menopang pada bagian pantat. Hal ini dilakukan dengan tenang dan kasih sayang. Alangkah baiknya sebelum diangkat dielus-elus terlebih dahulu. Dijamin cara ini kelinci tidak akan meronta-ronta, karena merasa sangat nyaman.

Sumber: https://www.hewanpeliharaan.org/kelinci/cara-memegang-atau-mengangkat-kelinci/

Mengangkat kelinci

Saat mengangkat kelinci, gunakanlah kedua tangan anda. Satu tangan menopang dada dan yang satunya lagi menopang bagian belakang kelinci. Jika kelinci Anda adalah jenis kelinci yang kecil ataupun kelinci yang belum dewasa maka mengangkat dengan satu tangan masih dibolehkan, asalkan dengan prosedur yang benar yakni ke empat jari anda menopang dada dan bagian jempol diletakan diatas pundak kelinci sambil memberikan tekanan yang cukup (jangan terlalu keras).

Angkatlah kelinci secara perlahan sampai bagian kepala lebih tinggi dari bagian pantat-nya sampai bagian pantat(bawah)nya ikut terangkat. Hal ini akan mencegah kelinci menendang-nendang atau mencoba untuk meloncat kedepan.

handling1

Menggendong Kelinci

Sewaktu menggendong kelinci anda harus mendekapnya dan menempelkannya pada tubuh anda, atau yang paling simpel adalah dengan menggunakan keranjang khusus untuk kelinci. Ada beberapa cara dalam menggendong kelinci, tapi yang paling penting adalah pastikan bahwa kelinci tersebut merasa nyaman dalam posisinya.

Salah satu posisi bisa dilakukan adalah dengan menggenggamnya dalam pelukan Anda. Posisi keempat kaki kelinci menempel pada dada dengan wajah menghadap keatas.

Letakan satu tangan anda pada bagian bawah kelinci untuk menopang beban tubuhnya dan tangan yang satu lagi menekan bagian punggung kelinci ke dada anda dengan jempol menahan salah satu kaki kelinci (menguncinya) untuk menghindari kelinci tersebut lompat dan mencoba meloloskan diri.

handling3