Bagaimana Cara Mengganti Pasangan Merpati?

image

Bagaimana Cara Mengganti Pasangan Merpati?

Cara Mengganti Pasangan Merpati

  1. Pisahkan merpati jantan dan betina di tempat yang berbeda, tempatnya bebas yang penting tidak merpati saling melihat . Lakukan pada saat merpati tidak giring.

  2. Biarkan sampai 3-7 hari sampai merpati kesepian, biasanya merpati jantan mulai memanggil-manggil ngukk… ngukk… jika betina maka akan mengangguk-angguk jika merpati jantan yang lain sedang bekur.

  3. Lalu jodohkan dengan pasangan lainnya atau masukkan pasangan penggantinya, pastikan pasangan pengganti sudah birahi atau jika betina sudah lenjeh.

  4. Biasanya merpati akan kawin saat proses penjodohan dengan pasangan barunya.

  5. Biarkan selama 3 hari sampai berjodoh, tandanya sudah saling meloloh (ciuman) dan kawin.

Ada juga beberapa kemungkinan yang bisa terjadi saat mengganti pasangan merpati, yaitu:

  1. Jantan stress, tandanya jantan sangat galak dan tidak mau merayu (bekur) pada betina lain atau acuh saja jika diberi betina. Jika seperti ini maka sendirikan dulu atau umbar jantannya sampai mau bekur atau birahi. Ini bisa jadi karena jantan sangat suka betina sebelumnya, ini jarang terjadi hanya beberapa merpati saja.

  2. Jantan galak tetapi mau bekur, jika jantan masih galak tapi masih mau bekur dan kawin maka solusinya adalah satukan di kandang yang agak luas agar betina bisa menghindar, lalu biarkan saja. Atau sendirikan dulu jantan sampai tidak galak, bebas mau pilih yang mana.