Bagaimana cara mengetahui telur busuk atau tidak?

Terkadang kita kesusahan membedakan yang mana telur matang dan yang busuk, karena tertutup dengan kulit telur yang kokoh

image

Berikut adalah cara untuk mengetahui telur yang kita gunakan adalah telur segar:

  1. Pecahkan telur ke piring, lihat penampilan fisiknya. Telur segar akan memiliki kuning telur yang berwarna kuning cerah dan bentuknya membulat.
    Putih telur akan membentuk lapisan tebal di sekitar kuning telur. Semakin lama usia telur, putih telur akan menjadi lebih cair dan kuning telur berwarna kuning pucat serta makin datar.

  2. Isi gelas tinggi dengan air dingin. Masukkan telur ke dalam air dengan sendok makan.
    Telur yang masih segar akan tenggelam di bagian bawah gelas.
    Telur yang sudah lama akan sedikit terangkat dari dasar gelas, sedangkan telur yang busuk akan mengapung. Bila telur sudah mengapung, segera buang karena tidak layak untuk dikonsumsi.

  3. Keringkan setiap telur dengan handuk kertas/tissu setelah pengujian di air dalam gelas.
    Kembalikan telur segar ke dalam kemasan karton dan pisahkan telur yang telah lama namun masih bisa digunakan ke dalam kemasan karton yang lain.
    Beri tanda pada masing-masing kemasan karton. Usahakan untuk menggunakan telur yang sudah berusia lama terlebih dahulu.

  4. Periksa telur dengan cahaya lilin atau lampu baca untuk memeriksa setiap retakan cangkang telur atau adanya noda di dalam telur.
    Putar telur dan lihat bayangan kuning telur. Pada telur yang masih segar, kuning telur akan tetap di tempat, namun akan bergerak bila telur sudah lebih tua.

  5. Pegang telur dan dekatkan ke telinga, kocok dengan lembut. Telur segar tidak akan menimbulkan suara, sedangkan telur yang lebih tua akan membuat suara sedikit.

Referensi: