Bagaimana cara mengetahui media tanam yang umumnya cocok untuk berbagai tanaman

Umumnya media tanam yang dikatakan cocok untuk berbagai tanaman adalah pupuk organik, tetapi pada kenyataannya di pasaran banyak sekali pilihan kombinasi dalam pupuk organik yang dijual. Jika membuat sendiri pun akan ada pencampuran bahan untuk menghasilkan pupuk organik, lalu kombinasi seperti apa yang seharusnya ada dalam pupuk dan menjadikan pupuk tersebut cocok untuk sebagian besar tanaman?

1 Like

Dengan cara mencari tau karakteristik tanaman yg mau ditanam, yg dimana pada umumnya media tanam yg diperlukan tanaman yaitu tanah dan pupuk untuk dapat tumbuh serta berkembang dgn baik.

2 Likes

Sebagian besar media tanama yang digunakan meliputi kompos, sekam, dan cocopeat. Namun, semua itu juga bergantung dengan tanaman apa yg akan ditanam, karen setiap tanaman memiliki karakteristik masing-masing sehingga kebutuhan nutrisi juga akan berbeda

1 Like

Media tanam yang cocok untuk berbagai tanaman itu yang gembur kak, dan tidak terlalu padat agar akar yang tumbuh tidak terhambat dan proses aerasi juga bisa terus berputar.
Kombinasi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pencampuran tanah, sekam, arang sekam, dan pupuk kandang atau hijauan, denhan perbandingan 1:1:1:1

1 Like