Bagaimana cara mengetahui kebutuhan pengguna di masa yang akan datang?

manajemen_produk

(James P) #1

Kebutuhan pengguna saat ini menjadi hal yang sangat penting dalam kelangsungan bisnisnya. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui kebutuhan pengguna di masa yang akan datang agar kita tidak terkecoh ?


(M. Arroofi Arga K) #2

Profesor Clayton Christensen, pernah berkata: "Alih-alih menanyakan apa yang dilakukan perusahaan mereka saat ini, para manajer harus bertanya, apa yang perlu kita kuasai hari ini, dan apa yang perlu kita kuasai di masa depan, untuk unggul dalam peningkatan yang akan dianggap penting oleh pelanggan? ”.
Memprediksi kebutuhan masa depan pelanggan adalah kemampuan organisasi yang telah menerima banyak perhatian saat ini. Namun, beberapa penelitian baru-baru ini telah menyelidiki kemampuan untuk tidak hanya memahami, tetapi juga kemampuan organisasi untuk memengaruhi dan membentuk kebutuhan masa depan pelanggan. Kemampuan ini diberi nama Projective Customer Competence dan memiliki dampak positif yang signifikan pada seberapa inovatif suatu organisasi dan kinerja keuangannya.

Jadi, bagaimana kita dapat membangun kemampuan untuk memahami dan membentuk kebutuhan masa depan pelanggan? Dalam pemodelan statistik yang sudah dilakukan ada 2 hal yang sangat penting yaitu:

  • Bina hubungan yang sangat dekat dengan pelanggan Anda
    "Keterlibatan relasional" ini membangun tingkat kepercayaan dan keterbukaan yang tinggi yang menyebabkan pelanggan berbagi informasi yang lebih terperinci dan intim. Berbagi informasi ini membantu organisasi untuk mendapatkan wawasan penting ke dalam kebutuhan pelanggan yang nyata dan hubungan yang mendalam memungkinkan organisasi untuk mempengaruhi preferensi pelanggan di masa depan dengan sama.

  • Libatkan pelanggan/pengguna produk anda
    "Interaktivitas pelanggan" ini biasa terjadi di organisasi yang benar-benar menghargai masukan pelanggan ke dalam upaya inovasi organisasi mereka. Kegiatan di bawah dimensi ini termasuk berinteraksi dengan pelanggan di awal proses inovasi, pemecahan masalah bersama, dan penciptaan bersama produk baru. Dalam ikut sertanya pelanggan, maka kita dapat mengetahui apa saja yang saat ini dibutuhkan pelanggan serta apa saja yang akan mereka butuhkan di masa yang akan datang.

Referensi