© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana cara mengetahui dehidrasi pada kucing? Bagaimana mengatasinya?

Kucing

Bagaimana cara mengetahui dehidrasi pada kucing? Bagaimana mengatasinya?

Dehidrasi terjadi ketika cairan tubuh menurun hingga kurang dari normal. Hal ini disebabkan kurangnya asupan air atau meningkatnya pengeluaran cairan dari dalam tubuh. Sama halnya dengan manusia, kucing dapat mengalami dehidrasi pada cuaca yang panas.

Melihat gejala-gejala yang ada, dehidrasi ringan biasanya ditandai dengan mata yang cekung. Deteksi dini dengan mengangkat kulit di bagian tengkuk lehernya dengan jari telunjuk dan ibu jari. Setelah terangkat, biarkan kulit kembali seperti semula dengan sendirinya. Apabila kulit kembali dengan cepat, makan cairan tubuhnya masih dalam keadaan yang baik. Namun jika kulit kembali seperti semula dalam gerak yang lambat, kucing Anda mungkin saja sedang mengalami dehidrasi. Apabila Anda tidak dapat melakukannya dengan benar, Anda dapat membawa kucing Anda ke dokter hewan untuk diperiksa.

Cara mencegahnya dengan pemberian air bersih pada kucing setiap saat di tempat yang mudah dijangkau. Ganti mangkuk air kucing dua kali sehari agar air yang ada di dalamnya tetap terjaga kebersihan dan kesegarannya. Jika kucing baru sembuh dari diare, sediakan sejumlah kecil air secara teratur untuk menghindarinya terlalu cepat menelan air. Anda juga dapat memberikannya es batu.

Membawa kucing bepergian dapat membuatnya stres karena mabuk (mual, muntah). Selalu berikan kucing akses pada air bersih meskipun dalam keadaan bepergian. Perhatikan konsumsi air pada kucing. Konsumsi air pada kucing bisa kurang dan bisa lebih. konsultasikan pada dokter hewan apabila merasa ia kurang minum atau lebih banyak minum dari biasanya karena bisa jadi itu adalah tanda-tanda penyakit.

Cara mengatasinya dengan memastikan kucing minum dalam jumlah yang cukup. Berikan larutan elektrolit apabila diperlukan. Bawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan. Biasanya kucing yang sudah dalam keadaan lemah karena dehidrasi akan diberikan cairan infus untuk mengembalikan cairan tubuhnya dengan cepat. Konsultasikan gejala-gejala seperti diare atau muntah yang kemungkinan menyebabkan kucing dehidrasi sehingga mempermudah dokter hewan melakukan diagnosa.