Bagaimana cara mengetahui cara kerja LINE Things?

Cara Kerja LINE Things

LINE Things adalah platform kontrol IOT dengan twist menyerupai LINE. LINE Things masih dapat digunakan dengan memanfaatkan komunikasi melalui protokol BLE (Bluetooth Low Energy). Salah satu contoh penerapannya yang paling menarik adalah ‘plant monitor’ yang terhubung atau jenis fitur yang Anda tempelkan di pot tanaman yang mengingatkan Anda untuk menyiraminya – ini menunjukkan bagaimana LINE Things akan bekerja di dunia nyata. Monitor Bluetooth akan terhubung dengan LINE Things dan siap mengontrol melalui aplikasi.

Line Things
Anda dapat memilih jenis tanaman Anda, dan LINE Things akan memberikan health point ke tanaman, yang berubah sesuai dengan jumlah cahaya, air, dan suhu lingkungan yang diterima tanaman. Hal ini akan mempermudah dalam melakukan perawatan tanaman.

Untuk mengetahui cara kerja LINE Things dengan perpaduan menggunakan mikrokontroller EPS32 Dev-KitC dengan repository Arduino IDE. Hal pertama yang dilakukan adalah melakukan flash terhadap ESP32 dengan menggunakan Arduino IDE, koneksikan dengan LINE things melalui kode QR. Ketika sudah aktif maka akan terlihat gambar seperti berikut.


Kemudian buka Setting -> LINE Things dan nyalakan BLE dan LINE things akan mendeteksi koneksi yang ada.

Paired dan klik on dan tombol (Use device now) untuk mengakses LIFF app sehingga line dapat terhubung dengan BLE. Untuk mengetahui detail LINE Things yang terhubung dengan ESP32 adalah sebagai berikutyang menadakan LINE Things sudah dapat digunakan.
gambar