Bagaimana cara mengetahui batang kangkung yang terdapat ulatnya?

Membersihkan Kangkung

Buka ikatan kangkung dan bersihkan dari sisa-sisa kotoran atau batang rumput yang ikut dalam ikatannya. Jangan pernah menyiangi kangkung dengan langsung memotongnya tanpa membuka ikatannya terlebih dahulu. Ini untuk menghindari masuknya tumbuhan lain atau kotoran yang ada ke dalam masakan.

Ambil satu persatu batang kangkung dan petik setiap ruas kangkung. Setelah itu, sebaiknya belah batang kangkung untuk memastikan tidak ada binatang atau telur binatangyang sedang bersembunyi di sana. Tinggalkan dan buang batang kangkung bagian bawah yang sudah mengeras atau tua.

Mencuci Kangkung

Setelah kangkung dibersihkan dan dipotong, tahap selanjutnya adalah pencucian. Mencuci kangkung sebaiknya menggunakan wadah yang berlubang. Ini bertujuan untuk melarutkan sisa kotoran yang masih menempel pada kangkung.

Gunakan juga air yang mengalir. Dengan cara seperti ini dapat dipastikan kotoran-kotoran akan hanyut dan terbawa aliran air. Mencuci kangkung dengan air yang menggenang atau dalam wadah yang terisi penuh dengan air kurang efektif, karena kotoran yang mengambang akan tersangkut kembali saat kita mengangkat kangkung.

Kayak dibelah dua deh, terus bener bener di pilah mana yang paling bagus kangkungnya laluu di belah.