Bagaimana cara mengetahui apa yang diperlukan dan diinginkan oleh customer ?

Penting halnya mengetahui apa yang sedang diperlukan dan diinginkan customer dalam membuat suatu produk. Karena hal tersebut merupakan kunci dari berhasil atau tidaknya sebuah produk. Lalu cara apa yang dapat dilakukan untuk mengetahui hal tersebut?

Untuk memahami customer, anda benar-benar harus menjadi customer tersebut. Berikut ini lima cara untuk melakukannya:

  1. Dengarkan opini pelanggan
    Customer akan memberitahu kapan dia membutuhkan produk kita. Jika dia mengatakan membutuhkannya dengan segera, artinya dia akan membeli. Jika tampak ragu, saat itulah Anda bertanya tentang tujuan penggunaan produk, yang akan membantu Anda menentukan terkait dengan apa yang dia butuhkan. Bangun hubungan, betapapun singkatnya, dengan pelanggan.

  2. Tanyakan pertanyaan kepada pelanggan yang dirancang untuk memperoleh informasi. Tanyakan kisaran harga yang dia pertimbangkan, fitur apa yang dia cari dan apakah dia berniat untuk melakukan pembelian produk. Juga sangat membantu untuk menanyakan apa yang telah dia lihat di perusahaan pesaing. Biarkan pelanggan yang berbicara.

  3. Berikan pelanggan menentukan pilihannya dengan cara menghadirkan produk yang berbeda sebagai pembanding.
    Jelaskan fitur, manfaat, dan kerugian dari setiap produk yang ada sebagai dasar dalam mengambil keputusan. Tujuan Anda adalah membantu pelanggan membuat keputusan untuk dirinya sendiri.

  4. Mintalah feedback dan eliminasi produk yang dirasa tidak memenuhi kebutuhan pelanggan.
    Dengan cara ini Anda dapat menggiring pelanggan memilih produk terbaik tanpa melakukan konfrontasi dengan mereka. Dengan cara ini akan memiliki potensi untuk memastikan pembelian produk oleh pelanggan.

  5. Ulangi informasi yang telah Anda kumpulkan melalui pertanyaan, dan tanyakan apakah ada hal lain yang akan memengaruhi minatnya untuk membeli produk.
    Berhati-hatilah untuk tidak memaksakan pasar. Tahan sampai Anda yakin Anda memiliki semua informasi dan kemudian menawarkan diskon 10 persen, pengiriman gratis atau beberapa alasan lain yang akan agar customer membeli produk.