Bagaimana cara mengembangkan kemampuan belajar di perkuliahan ?

Belajar

Belajar adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku sperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir, dan lain-lain.

Bagaimana cara mengembangkan kemampuan belajar di perkuliahan?

Ketika kita memulai studi kita, kita semua sudah memiliki berbagai jenis keterampilan belajar. Motivasi kita berasal dari sumber yang berbeda, seperti halnya sikap umum kita terhadap penelitian kita. Namun, terlepas dari mana kita berasal, kita perlu mempertimbangkan banyak hal dalam penelitian kita. Kesuksesan belajar membutuhkan tujuan yang jelas, motivasi, perencanaan, disiplin diri, kepercayaan diri, kebiasaan belajar yang baik dan sikap positif.

Sebagai mahasiswa, kita diberi kesempatan bagus untuk mengembangkan bukan hanya kemampuan belajar kita, tapi juga banyak keterampilan lain yang berguna dalam kehidupan. Keterampilan ini akan membantu kita untuk berhasil dalam menantang tugas setelah lulus.

Di universitas kita diharapkan untuk belajar mandiri. Ini berarti mengambil tanggung jawab untuk penelitian kita sendiri. Banyak keterampilan akademis yang kita harapkan bisa digunakan sementara di universitas akan menjadi hal baru bagi kita.

Beberapa keterampilan yang perlu kita kembangkan adalah:

  • Membaca dan membuat catatan
  • Penelitian & Evaluasi
  • Kemampuan berpikir kritis
  • Kemampuan menulis
  • Konferensi
  • Kerja kelompok & presentasi
  • Ujian Keterampilan

Mempelajari dan mengelola waktu belajar kita bisa sangat mudah. Sebagian besar waktu, orang mengatakan itu sulit hanya karena mereka membuat sulit bagi diri mereka sendiri. Setelah beberapa langkah sederhana bisa memudahkan belajar dengan baik.

Metode yang cukup efektif dalam belajar adalah sebagai berikut :

  • Temukan tempat yang sepi yang jauh dari hal-hal yang mengganggu (terutama komputer dengan akses internet!). Hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah menemukan diri Anda di Facebook berbicara dengan teman Anda.
  • Cari tahu apa yang perlu Anda pelajari.
  • Cari tahu apa yang paling membutuhkan perhatian dan apa yang paling sedikit perhatiannya.
  • Belajarlah dari kebutuhan-paling-perhatian pada kebutuhan-paling tidak-perhatian.
  • Belajar

Memang normal bahwa segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik selama studi. Jika kita gagal dalam ujian, kita hanya harus hidup dan belajar.

Menghindari subjek yang sulit adalah strategi yang buruk. Terutama aktif dalam kursus yang tampak sulit atau tidak jelas. Jadilah berani dan ajukan pertanyaan. Kemungkinan besar kita akan membantu anak-anak lain, karena kemungkinan besar kita bukan satu-satunya yang tidak mengerti. "Jika saya tidak tahu sesuatu dan bertanya, saya tetap tidak tahu sebentar. Jika saya tidak bertanya, saya akan tetap tidak tahu juga di masa depan. "

Terkadang kita mungkin kehilangan motivasi belajar. Itu cukup normal juga dan kemudian ada gunanya melakukannya satu langkah setiap kalinya. Begitu penyelesaian kursus mulai menumpuk, sekali lagi akan lebih mudah termotivasi untuk dorongan terakhir. Dan selalu ingat bahwa atasan suka memperkerjakan seorang lulusan, bukan seseorang yang sudah putus sekolah.

Sumber :
http://www.haaga-helia.fi/en/students-guide/welcome-haaga-helia/study-skills-and-learning-how-succeed-your-studies&prev=search

Belajar “Bagaimana Belajar” bisa menjadi salah satu investasi terbaik waktu Anda dalam hal mempersiapkan diri untuk kembali ke kuliah atau meningkatkan nilai anda saat anda kuliah. Bagian yang terbaik adalah setiap orang yang benar-benar ingin memperbaiki proses belajar mereka dapat melakukannya dengan mengikuti beberapa prinsip dasar manajemen waktu, organisasi dan prioritas. Dibawah ini adalah 8 kebiasaan belajar yang efektif bagi mahasiswa yang ingin memperbaiki IPK dan mengembangkan kemampuan belajar di perkuliahan.

1. Dedikasikan waktu dan tempat untuk belajar
Memiliki tempat dan waktu yang ditentukan untuk belajar bisa membuat semua perbedaan. Siswa yang tidak mempraktekkan teknik ini cenderung lebih menekankan tentang pekerjaan rumah dan belajar karena mereka tidak pernah yakin bagaimana atau ke mana mereka akan belajar. Seringkali, mereka juga tidak akan tahu apakah mereka akan memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan tugas dan meninjau materi. Memiliki waktu dan tempat yang ditetapkan untuk belajar meringankan semua “pemicu stres” tersebut dan memungkinkan anda untuk fokus pada materi yang perlu anda liput.

2. Prioritaskan waktumu
Tidak peduli berapa banyak yang anda inginkan dengan cara berbeda, hanya ada beberapa jam dalam sehari yang dapat anda curahkan untuk belajar. Jadi penting bagi anda untuk memprioritaskan waktu anda sebelum mulai belajar setiap sesi belajar. Mulailah dengan tugas dan materi yang lebih sulit untuk dihadapi di depan anda untuk sesi belajar. Kebanyakan orang lebih mudah memahami materi yang sulit di awal sesi belajar. Saat sesi berlangsung dan anda mulai lelah, inilah saat yang anda gunakan untuk mempelajari materi yang mudah.

3. Atur mood
Hanya Anda yang tahu apa yang sesuai untuk Anda. Apakah anda lebih baik belajar dengan musik? Atau dengan sedikit camilan sebelum anda mulai? Tidak peduli apa “mood” yang Anda tetapkan, bagian terpenting dari langkah ini adalah bersikap jujur terhadap diri anda sendiri

4. Berpartisipasi dalam diskusi kelas bila memungkinkan
Ajukan pertanyaan terbuka. Bergabunglah dalam diskusi. Intinya di sini adalah bahwa jika anda terlibat dalam diskusi kelas anda akan memperhatikan apa yang instruktur dan yang lainnya bicarakan.

5. Temukan kelompok belajar
Ketika Anda menemukan kelompok studi yang tepat, ini benar-benar dapat membantu Anda dengan topik dan materi pelajaran yang sulit. Ingat pepatah lama “dua kepala lebih baik dari satu, tiga kepala lebih baik dari dua …”.

6. Jangan takut untuk meminta bantuan
Cepat atau lambat semua orang mengikuti kelas yang baru saja mereka hadapi. Materi yang terlihat terlalu jauh di atas kepala mereka, matematika terlalu maju, instrukturnya terlalu keras, apapun alasannya; kebanyakan orang berjuang dengan satu atau lebih kelas dalam karir akademis mereka. Jangan sampai frustrasi, marah atau takut gagal menghentikan anda untuk mendapatkan pertolongan. Carilah instruktur anda atau mintalah seorang teman membantu anda.

7. Jangan biarkan hidup menghalangi impian anda
Orang tua, pacar, teman, mereka semua bisa menjadi sistem pendukung yang hebat. Mereka juga bisa menjadi hambatan yang luar biasa pada waktu, energi dan stamina anda. Pastikan mereka tahu apa prioritas anda. Dan anda jangan terlalu terpaku kepada mereka dan melupakan belajar anda.

8. Jangan menggunakan SKS saat ujian
Sesekali Anda mungkin sudah larut malam untuk menyelesaikan makalah atau mengerjakan proyek yang perlu diselesaikan, namun menerapkan teknik di atas pada rutinitas yang konsisten dan mantap akan lebih dari sekadar mempersiapkan kuis, UTS, dan UAS. Anda hanya perlu meninjau catatan anda beberapa kali sebelum ujian.

Sumber : http://centuracollege.edu/blog/10-effective-study-habits-for-college-students/

Cara Mengembangkan Kemampuan Belajar di perkuliahan

Setiap orang memiliki tingkat kemampuan belajar yang berbeda-beda, ada orang yang sangat cepat dalam memahami sesuatu ada pula yang membutuhkan waktu. Secara ilmiah perbedaan tersebut sebenarnya karena diri masing-masing. Hal tersebut bisa karena factor internal dan factor eksternal. Namun, kemampuan belajar bisa diubah dan ditingkatkan. Jika saat ini anda termasuk orang yang mengalami kesulitan dalam belajar maka anda harus punya cara tepat untuk mengatasinya, berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan belajar :

1. Mencari informasi/pengetahuan secara efektif dan efisien

Sebagai mahasiswa mencari Informasi/pengetahuan bisa kita dapat secara efektif dan efisien dari membaca, mendengar, memperhatikan, dan juga belajar secara mendiri. Jangan hanya mengandalkan pengetahuan yang diberi oleh dosen, anda harus aktif mencari pengetahuan secara mandiri.

2. Pengorganisasian

Buatlah note atau mind mapping untuk mengorganisasikan pemahaman anda tentang apa yang telah anda pelajari, hal itu akan membuat ingatan kita menjadi kuat dan mempermudah saat kita
mereviewnya.

3. Review

Setiap selesai belajar usahakan untuk melihat-lihat atau mengulang kembali apa yang telah anda pelajari,
tujuannya tentu saja memperkuat memori anda tentang pelajaran tersebut.

4. Cobalah untuk mengaplikasikan

Setelah anda memahami sesuatu cobalah untuk mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari anda, bisa dengan mengerjakan soal, atau mengajarkan kembali pemahaman anda kepada orang lain, selain bermanfaat hal tersebut terbukti efektif untuk meningkatkan daya ingat anda.

Ada banyak metode dan cara untuk meningkatkan kemampuan anda dalam belajar, selain cara diatas masih banyak lagi cara lainnya. Anda bisa memulai dengan mencoba teknik diatas.

Sumber : http://mindwerx.com/advanced-learning-techniques/

Untuk meningkat kan cara belajar anda sebenarnya itu sangatlah mudah, namun orang-orang biasanya menganggap itu susah karena dari diri mereka sendirilah yang membuat mereka menganggap itu sulit. Inilah beberapa tips untuk anda untuk mempermudah cara belajar anda :

  1. BELAJAR UNTUK UJIAN

Yang pertama adalah belajar untuk ujian. Ini adalah hal dasar yang semua orang lakukan, tetapi banyak orang salah ketika menafsirkannya. Mereka menganggap belajar untuk ujian adalah belajar ketika hari esok ujan, sehingga karena kelakuan ini orang-orang lain menganggap belajar itu susah.

  1. MENGETAHUI PELAJARAN MANA YANG AKAN DIPELAJARI

Yang kedua adalah anda harus tahu bab yang anda akan pelajari. Orang-orang pada umumnya belajar pelajaran yang bukan seharusnya. Misalkan orang itu mau belajar bab A, tetapi pada kenyataannya orang tersebut malah belajar bab B. Nah daripada sepeti itu lebih baik anda mengetahui bab apa yang mau anda pelajari.

  1. MENCARI TEMPAT YANG SUNYI

Yang ketiga adalah dengan cara mencari tempat yang damai. Dengan tempat yang damai anda akan semakin berkonsentrasi dalam belajar dan mengakibatkan pelajaran yang anda terima lebih paham

  1. MENGATUR PRIORITAS

Yang keempat adalah mengatur tingkat prioritas pelajaran yang mau dipelajari. Jangan sampai pelajaran yang membutuhkan sedikit kepahaman malah anda tekuni sehari-hari, dan pelajaran yang membutuhkan ketekunan dalam memahami pelajaran tersebut malah anda sepelekan.

  1. MENGERJKAN SEMUA TUGAS YANG DIBERIKAN

Selain belajar, dengan mengerjakan tugas kita dapat lebih memahami sebuah materi yang diberikan. Hal ini sangat berguna bagi para pelajar yang tidak menyukai membaca untuk memahami materi.

  1. MENGERJAKAN TUGAS DARI YANG ANDA SUKAI

Atur juga dalam pengerjaan tugas yang diberikan. Dengan mengerjakan tugas tentang materi yang anda senangi, maka hal tersebut dapat menambah semangat anda untuk belajar.

  1. LUANGKAN WAKTU UNTUK MENGERJAKAN TUGAS YANG SULIT

Berilah waktu pada anda untuk mengerjakan suatu tugas yang menurut anda sangat sulit. Dan dengan cara ini anda dapat memahami tugas yang sulit tersebut dan jika melakukan ini terus menerus, maka anda akan semakin menyukai pelajaran yang memiliki soal soal yang sulit.

Dan itulah 7 cara untuk mempermudah anda dalam belajar.

Sumber : http://www.wikihow.com/Develop-Advanced-Study-Skills