© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana cara mengelola product roadmap dalam sebuah startup?

Product roadmap atau peta jalan produk adalah ringkasan visual tingkat tinggi yang memetakan visi dan arah perkembangana produk dari waktu ke waktu.Tahukah kamu, bagaimana cara mengelola product roadmap dalam sebuah startup?

Pertama kita harus mentukan visi produk, karena product roadmap akan menjadi ceriminan dari visi produk itu sendiri.

1. Use a theme-based product roadmap
Kita tidak dapat memprediksi apa pun di startup. Kita tidak tahu kapan akan mendapatkan pelanggan berikutnya. Kita tidak tahu apakah kita memiliki kecocokan pasar produk. Kita mungkin memiliki model bisnis yang belum terbukti.
Kita harus fokus pada pembuatan spesifikasi untuk prioritas kita saat ini, karena jelas kita sedang mengerjakannya sekarang atau segera. Kita juga dapat perlahan mengembangkan prioritas Near Term dan Future tanpa khawatir menyelesaikannya.

2. Set your priorities as a team (not alone!)

  • Prepare your meeting
    Gunakan papan tulis / kanvas besar dan kartu indeks. Gambarkan kolom Current, Near Team, dan Future di papan tulis. Tuliskan banyak inisiatif yang sudah kita pikirkan pada kartu indeks.

  • Define scope and set the order
    Diskusikan masing-masing kartu roadmap dengan tim. Mereka akan membantu kita memutuskan kartu mana akan masuk ke kolom mana.

  • Balance and add context
    Warnai kode kartu ini sesuai dengan bidang strategi (misalnya, akusisi pengguna, churn) dan / atau KPI. Apakah roadmap kita terlalu condong ke satu arah? Apakah realistis? Apakah prioritas dan tujuan bisnis kita berderet?

Pada dasarnya, jangan mengelola product roadmap secara sendiri. Kita membutuhkan tim untuk memutuskan cara terbaik mana yang digunakan atau dipilih untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

https://www.quora.com/How-can-I-manage-a-product-road-map-in-a-start-up