Bagaimana Cara Mengecilkan Pori-Pori?

pori-pori besar

Pori-pori aku besar, bagaimana cara mengecilkan pori-pori yang paling ampuh? Karena pori pori ini cukup mengganggu ketika memakai makeup dan lebih rawan tersumbat.

1 Like

Oleskan masker tanah liat setelah wajah dibersihkan. Coba oleskan dulu pada area terbatas untuk melihat reaksi. Jika tidak terjadi reaksi negatif, lanjutkan dengan mengoleskan pada seluruh wajah. Fokuskan pada bagian pori-pori tampak besar. Biarkan selama setidaknya 15 menit atau selama waktu yang tertera di kemasan. Cuci wajah dengan air hangat dan keringkan dengan menepuk-nepuk handuk pada wajah.

Masker berperan sebagai salah satu cara mengecilkan pori-pori dengan mengangkat kotoran dari pori serta mengurangi peradangan pada kulit sehingga membuat pori tampak mengecil. Selain masker tanah liat, Anda juga dapat menggunakan masker alami buatan sendiri yang terbuat dari yogurt.

1 Like

1. Masker Tomat

Tomat mengandung berbagai vitamin yang sangat baik bagi kulit wajah. Beberapa vitamin tersebut diantaranya Vitamin A, C, dan E. Kombinasi ketiganya akan membuat wajah Anda selalu cerah dan bersinar, serta terhindar dari masalah pori-pori wajah yang membesar.

Cara penggunaannya adalah:

  • Anda hanya memerlukan 2 buah tomat segar.

  • Blender kedua tomat tersebut sampai halus, lalu gunakan sebagai masker.

  • Pastikan bahwa wajah anda telah tercuci bersih dan sudah bebas dari debu atau noda sebelum menggunakan masker tomat ini.

  • Sambil mengoleskan masker tomat ke area wajah, lakukan pijatan ringan selama kurang lebih 5 menit.

  • Setelah masker merata di seluruh wajah, diamkan selama 30 menit, lalu cuci wajah anda hingga bersih.

  • Perawatan masker tomat akan membuat pori-pori wajah anda kembali normal.

2. Es Batu

Bagi Anda yang lebih suka dengan cara-cara simple, anda bisa mmanfaatkan es batu dalam proses pengecilan pori-pori wajah. Cukup sediakan satu buah es batu ukuran sedang, lalu bungkus dengan sehelai kain katun. Oleskan es batu yang sudah dibungkus ini pada area wajah secara menyeluruh, sekurang-kurangnya selama 10 menit. Ingat, Anda tidak perlu melakukannya terlalu lama, yang terpenting adalah rutinitasnya. Terlalu lama mengusap wajah dengan es batu justru tidak dianjurkan.

3. Masker Mentimun

Mentimun sangat kaya akan cairan, sehingga merupakan bahan alami yang efektif untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Sama halnya dengan cara pertama, metode pemanfaatan mentimun ini adalah dijadikan sebuah masker alami. Dalam proses pembuatan masker dan penggunaan, masih tidak berbeda jauh juga dengan pembuatan masker tomat. Pertama-tama sediakan satu buah mentimun, lalu haluskan dengan blender. Disarankan untuk membuang bijinya terlebih dahulu sebelum dihaluskan. Cuci wajah Anda terlebih dahulu, lalu oleskan masker mentimun ini sambil diselingi dengan pijatan kecil. Setelah merata, tunggu sekitar 30 menit supaya kandungan alami yang terdapat pada mentimun dapat menyerap pada area wajah sehingga bekerja maksimal dalam mengecilkan pori-pori. Cara ini akan memberi hasil maksimal jika Anda melakukannya minimal 3 kali dalam seminggu.

Referensi

https://blog.manjadda.com/cara-mengecilkan-pori-pori