Bagaimana Cara Mengecat Gundam Pakai Spray Can?

         Turorial Dasar Mengecat Gundam Pakai Spray Can

Mengecat gunpla adalah salah satu cara untuk merubah penampilan dari mdoel kit gundam ini dengan cara merubah skema warna bawaan dengan skema warna yang anda inginkan, mengecat gundam juga bisa dilakuka dengan beberapa tehnik cara, seperti hand painting. airbrush, dan spraycan.

Pada intinya mengecat gunpla dengan berbagai tehnik tetap membutuhkan kesabaran dan ketelitian saat mengerjakannya, terlebih lagi jika menggunakann tehnik hand painting yang bisa dibilang paling sulit diantara ketiga tehnik tersebut.

Mengecat gunpla dengan spraycan bisa dibilang hampir sama dengan menggunakan airbrush yang pada dasarnya sama-sama cat semprot.

mengecat menggunakan spraycan juga lebih murah dan efiesien karena tidak perlu ribet ribet dalam perbandingan mencampur thiner dengan cat dan juga tidak perlu khawatir harus membersihkan alat-alat sesudahnya.

Lebih baik mana mengecat menggunakan spraycan atau airbrush?

kedua tehnik ini memiliki kelebihan dan kekurangannya  masing masing.
Misal jika mengecat gundam dengan spraycan akan terasa murah, tetapi jika untuk mengecat dalam skala besar malah akan cenderung lebih mahal

juga spraycan hanya tergantung dari warna yang tersedia pada spraycan, berbeda dengan airbrush yang bisa mencampur warna sesuka hati

Mengecat Gundam Dengan Cat Semprot (spraycan)

Mengecat model kit gundam dengan spraycan ada banyak tipe merk spraycan, mulai dari spraycan khusus model kit seperti Tamiya, namun merk cat khusus untuk model kit ini tergolong mahal untuk sebuah spraycan dengan isi 100ml.

Tetapi tidak perlu khawatir jika harganya terlalu mahal, karena ada alternatif spraycan lain yang tergolong lebih murah dan tidak kalah bagus dengan spraycan khusus plamo.

Beberapa spraycan yang beredar di Indonesia bisa digunakan untuk mengecat gundam:

  1. Diton
  2. Rj London

Kedua cat semprot tersebut bisa dibeli di toko material atau toko cat dengan kisaran harga 22rb-25rb.

Kedua merk cat tersebut tergolong lumayan bagus untuk plastik gundam.

Jangan mengecat gundam dengan merk pylox. kenapa? partikel cat pada merk ini tergolong besar dan juga tidak cocok untuk Plastik Gundam

Tutorial mengecat dengan spraycan

1. Kocok spraycan kurang lebih selama 1 menit agar tercampur dengan sempurna antara cat dengan pengencernya.

2. Selanjutnya tentunya dicat primer terlebih dahulu. Cara mengecat yang penting itu jangan fokus dalam satu titik tapi ngecat dari arah kekiri-kekanan atau sebaliknya .

Setiap sekali ngespray berikan jeda 1 detik baru dispray ( jangan berulang2 ngespraynya ). Untuk jarak tergantung karena setiap merk cat spraycan itu punya tekanan angin berbeda-beda tapi untuk amannya ambil jarak 20cm-30cm

painting gundam spraycan
3. setelah di primer tunggu hingga kering kurang lebih 1 jam
painting gundam spraycan

4. selanjutnya dicat warna sesuai selera, caranya hampir seperti step sebelumnya

painting gundam spraycan

Pada tahap ini proses pengecatan belum bisa dibilang selesai sepenuhnya, karna masih harus diberikan cat topcoat atau yang lebih dikenal dengan vernish sebagai pelindung cat sebelumnya.Sekian Tutorialnya.Terima Kasih.

Sumber :
Cara Mengecat Gundam Pakai Spray Can

Kemarin cobaaaa…

baru di praktekin eeehh susahnya gk ketulungan,:face_with_raised_eyebrow::face_with_raised_eyebrow:

dilihat dan di perhatiin jadi pengen,ketika di lakuin ya jadinya gitu… mending pakai kuas meskipun warna bisa kurang bagus tapi gk terlalu susah dan mudah segera dihilangkan waktu prosesnya jika ada yang salah …