Bagaimana cara mengawinkan tarantula?

Memelihara tarantula atau hewan apapun itu pasti perlu mengawinkannya agar mendapatkan anakan. Bagaimanakah cara mengawinkan tarantula agar berhasil dan menghasilkan anakan?

Yang terpenting, kandang harus punya lubang cukup untuk sirkulasi udara dan terhindar dari sinar matahari. Sebab, kalau terlalu panas, tarantula akan stres dan mati. Meski sudah memiliki ratusan tarantula, karyawati swasta itu tidak berniat menjadi peternak dan penjual. ”Pure kolektor. Soalnya, saya enggak tega kalau mengawinkan tarantula. Tarantula cewek itu galak lho,” tegasnya. Melany mengaku trauma ketika melihat tarantula betina memakan pasangannya seusai kawin. Si pemilik harus mengamati betul dan siap menjadi juri saat akan mengawinkan tarantula. ”Tangan kiri pegang kardus dan kanan pegang pinset. Siap-siap kalau yang betina mulai mencengkeram si jantan, harus cepat-cepat dipisah,” jelasnya.

Setelah pembuahan, biasanya tarantula betina akan memakan pasangannya untuk memenuhi nutrisi. Tarantula berjenis kelamin betina memiliki umur yang lebih panjang hingga 25 tahun. Yang jantan hanya berumur hingga empat tahun.