Bagaimana cara mengawinkan ayam batik kanada?

ayam

(Sri Wulandari N) #1

image

Bagaimana cara mengawinkan ayam batik kanada agar mendapatkan anakan yang berkualitas ?


(miyul) #2

Ayam jenis batik kanada mulai belajar berproduksi pada umur 6 bulanan keatas. Pada umumnya ayam mulai berproduksi pada umur 8 bulanan. Pada awal bertelur biasanya belum bisa ditetaskan. Barulah pada periode bertelur selanjutnya baru ditetaskan.

Ayam betina batik kanada karena posturnya yang mungil jadi menyulitkan saat penetrasi dengan pejantan. Agar pembuahan mempunyai persentase yang besar maka dilakukan dengan perkawinan bergilir. Jadi setiap 2-3 hari sekali, pejantan dapat digilir dalam satu kandang kemudian dipindahkan dalam kandang yang lain. Perlu diketahui bahwa libido ayam jenis batik sangat besar untuk itu merupakan potensi menjadikan mereka sebagai pejantan.

Ayam ini mulai belajar berproduksi pada umur 5- 6 bulanan. Pada umumnya ayam mulai berproduksi pada umur 8 bulanan. Pada awal bertelur biasanya belum bisa ditetaskan. Barulah pada periode bertelur selanjutnya baru ditetaskan. Namun hal ini kadang tidak berlaku untuk sebagian ayam.

Kelebihan Ayam jenis Batik Kanada adalah pada produktivitasnya yang cukup tinggi. Sekali produksi mampu menghasilkan 8-15 butir telur dalam sekali periode bertelur. Periode bertelur per tahun bisa 6-7 kali setahun. Hal itu bisa menjadikan ayam ini sebagai petelur baik untuk konsumsi maupun untuk produksi anakan. Jika Batik Kanada hanya bertugas bertelur tanpa harus mengerami dan mengasuh anak-anaknya maka mampu bertelur lebih sering lagi.