Bagaimana Cara Mengatur Waktu di Perkuliahan ?

Mengatur Waktu Perkuliahan

Mahasiswa merupakan makhluk sosial dan intelektual yang memiliki segudang kesibukan serta tanggung jawab yang besar bagi dirinya, lingkungannya, dan juga masa depannya, yang tentunya kesibukan tersebut dalam porsi yang berbeda antara satu individu dan individu lainnya. Selain mengerjakan tugas kuliah dan mengikuti perkuliahan di dalam kelas, para mahasiswa yang aktif juga memeiliki kesibukan diluar kampus seperti organsasi dan kerja sampingan.

Mahasiswa yang memiliki cukup banyak jadwal harus pintar untuk mengatur waktu nya. Sebenarnya bukan hanya mahasiswa yang sibuk saja, tapi seluruh mahasiswa harus bisa memanajemen waktu dengan baik.

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara mengatur waktu di perkuliahan?

Transisi dari Sekolah Menengah Atas ke bangku perkuliahan memiliki tantangan tersendiri, terutama untuk menyesuaikan dengan lingkungan belajar yang baru dan jadwal belajar yang belum teratur. Tentunya sangat banyak kegiatan yang akan dilakukan diawal memasuki bangku perkuliahan.

Oleh karena itu, kita harus bisa mengatur waktu agar kegiatan tersebut bisa tejadwal dengan rapi dan tidak mengganggu kepada kegiatan lainnya, dan keterampilan memanajemen waktu belajar dapat membantu menemukan waktu ekstra dan mengurangi stress.

Dengan cara mencari tahu waktu yang dibutuhkan dan meminimalkan gangguan, maka setiap orang dapat merencanakan jadwal yang akan membantunya sukses di perguruan tinggi tanpa harus mengalami stress.

Berikut beberapa cara mengatur waktu di perguruan tinggi, agar dapat terjadwal dengan baik :

MEMBUAT JADWAL


  • Merencanakan dengan kalender manual atau kalender digital

    Sebelum memulai untuk membuat jadwal, sebaiknya jadwal direncanakan dengan kalender agar dapat mengatur jadwal jangka pendek maupun jadwal jangka panjang. Sangat penting untuk memiliki kalender agar dapat memudahkan kita menyusun jadwal dan informasi hari-hari penting.

    Kalender digital sangat penting karena dapat dihubungkan ke berbagai perangkat elektronik, sehingga kita dapat mengaksesnya kapan saja. Sedangkan kalender yang memiliki ikhtisar bulanan yang dikuti oleh rincian mingguan akan sangat berguna untuk perencanaan jangka panjang dan jangka pendek.

  1. Gambarkan atau perhitungkan tenggang waktu setiap semester.

    Begitu anda mengetahui jadwal untuk semua kegiatan, ujian, dan pekerjaan rumah, maka anda bisa mencatatnya pada kalender. Ini akan memudahkan anda mengetahui kesibukan setiap minggu atau setiap bulan pada semester tersebut.

    Misalnya anda dapat memberitahukan kepada teman anda yang meminta melakukan perjalanan akhir pekan untuk tidak ikut karena anda mempunyai jadwal lain yang lebih penting.

  2. Rencanakan jadwal mingguan

    Setelah anda mendapatkan jadwal kuliah persemesternya, anda bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi masa-masa krisis tersebut. Buatlah daftar prioritas mingguan yang dibutuhkan setiap hari untuk melakukan pekerjaan rumah dan proyek-proyek besar. Anda dapat membagi proyek besar menjadi potongan yang lebih kecil sehingga anda tidak terbebani.

    Contohnya jika anda memilih makalah penelitian yang dikumpul di akhir semester, jangan menunda-nunda pekerjaan, anda bisa mulai mengerjakannya sedikit demi sedikit sehingga anda tidak akan merasa terbebani dengan proyek tersebut karena sebagian telah dikerjakan jauh hari sebelum waktu pengumpulannya.

  3. Buat daftar tugas harian

    Pada setiap awal minggu bukalah kalender anda dan rencanakan tugas atau kegiatan yang akan anda lakukan per harinya. Ini memungkinkan anda bisa melihat bagaimana rencana jadwal mingguan yang telah anda buat akan terlaksana. Prioritaskan tugas harian anda misalnya dengan memberi kode H, M atau L untuk kepentingan tinggi, sedang atau rendah.

  4. Buatlah pengingat

    Terkadang kita melupakan tenggang waktu yang diberikan untuk mengumpulkan tugas atau melupakan jadwal pelajaran. Jika anda seorang mahasiswa, anda akan mengalami banyak hal yang akan terjadi. Gunakan smartphone anda atau layanan online sebagai pengingat harian, mingguan atau untuk jadwal khusus lainnya. Atau membuat catatan kecilsebagai pengingat dan ditempel pada tempat-tempat yang sering anda lihat atau kunjungi seperti meja belajar, pintu atau lemari pakaian.

  5. Pecahkan tugas besar menjadi potongan kecil yang lebih mudah diatur.

    Kertas penelitian yang cukup banyak atau tugas matematika 10 lembar akan membuat anda berpikir bahwa tidak mungkin akan melihat dan mengerjakan semuanya. Alih-alih diintimidasi oleh proyek besar semacam itu, anda bisa pecahkan masalah tersebut agar lebih meringankan beban anda. Misalnya seperti membagi waktu pada hari pertama untuk mendapatkan topic, hari kedua mulai mengerjakan isi dan hari-hari berikutnya melakukan penelitian, sehingga anda dapat menyelesaikan penelitian tersebut sesuai dengan target waktu yang ditentukan.

  6. Jika memungkinkan, anda bisa membagi waktu untuk bekerja sambil berkuliah

    Bekerja selama kuliah dapat mengganggu waktu belajar anda. Namun, itu tidak akan terjadi jika anda mencari pekerjjan yang fleksibel dengan jadwal kuliah. Anda bisa memilih pekerjaan yang dapat menyesuaikan dengan jadwal perkuliahan dan pekerjaan yang memiliki banyak karyawan sehingga anda bisa bertukaran shift. Manfaatnya anda bisa mendapatkan uang sebagai uang saku tambahan atau untuk membeli kebutuhan lainnya.

  7. Luangkan waktu untuk tidur, makanan seimbang, dan olahraga.

    Anda bukanlah mesin, anda tidak mungkin selalu bekerja dan kuliah. Tubuh juga membutuhkan istirahat dan asupan gizi yang cukuo serta olahraga, maka luangkan waktu anda untuk hal-hal tersebut. Dan anda juga bisa sekali-sekali bersenang-senang dengan melakukan perjalanan akhir pekan atau liburan.

MEMINIMALKAN GANGGUAN


  1. Kenali waktu belajar terbaikmu.
    Metode yang baik untuk meminimalkan gangguan adalah dengan menjadwalkan waktu belajar yang menurut anda akan membuat lebih focus. Carilah waktu yang tepat sebagai waktu produktif untuk anda belajar.

  2. Ciptakan ruang kerja yang produktif untuk diri anda sendiri._

    Jika anda merasa akan lebih baik bekerja dengan music, maka hidupkanlah music dengan handphone atau elektronik lainnya. Namun, jika anda tidak dapat belajar jika ada kebisingan, maka carilah tempat yang sepi seperti perpustakaan.

  3. Fokus pada satu tugas saja.

    Mengerjakan banyak tugas sekaligus akan membuat anda stress dan juga tidak focus, oleh karena itu sebaiknya anda menyelesaikan satu tugas dulu dan setelah itu lanjut ke tugas lainnya.

  4. Gunakan Teknik Pomodoro.

    Strategi pengelolaan waktu pengalihan perhatian ini melibatkan kerja keras selama interval 25 menit, itulah yang disebut "Pomodoro”., kemudian beristirahat sejenak. Lalu melanjutkan lagi dengan 25 menit selanjutnya. Setelah 4 pomodoro anda lewati, anda akan mendapatkan waktu istirahat lebih lama.

  5. Hindari internet atau media social.

    Jika internet akan mengganggu konsentrasi anda saat belajar, maka hindarilah internet sampai tugas anda selesai. Namun, jika internet akan membantu dalam pengerjaan tugas, maka gunakan internet hanya untuk hal-hal yang diperlukan penugasan saja.

BUAT DAFTAR BANTUAN

  1. Buat kelompok belajar.

    Pada awal semester, buatlah rencana dengan teman sekelas untuk membuat kelompok belajar mingguan. Belajar dalam kelompok bisa menjadi lingkungan belajar yang sangat membantu, dan ini juga menyenangkan.

  2. Temukan mitra untuk menulis.

    Apakah anda memiliki tugas yang besar dalam menulis? Temukan teman yang juga memiliki tugas besar semacam itu dan mulailah menulis bersama. Bahkan jika anda tidak berada dalam posisi yang sama, tapi anda akan mendapatkan keuntungan karena mendapatkan ilmu yang baru.

MENGEVALUASI WAKTU


  1. Pantau lagi bagaimana anda menghabiskan waktudalam seminggu.

    Tulislah jurnal tentang apa saja yang anda lakukan dan seberapa banyak waktu yang anda habiskan untuk setap aktivitasnya selama seminggu. Sehingga anda bisa mengetahui kegiatan apa yang mendominasi waktu.

  2. Kelompokkan aktivitas anda.

    Setelah anda mengetahui apa saja kegiatan yang akan dilakukan, anda bisa membaginya dalam kategori seperti kategori belajar, bekerja, atau rekreasi.

  3. Prioritaskan kebutuhan anda.

    Setelah anda mengurutkan aktivitas ke dalam kelompok, yang perlu anda lakukan adalah menentukan prioritas dalam kehidupan anda. Mengelola waktu adalah hal penting tentang keseimbangan, jadi dedikasikan lebih banyak waktu dalam hidup anda untuk aktivitas yang paling penting untuk mencapai tujuan Anda.

Sumber : http://www.wikihow.com/Manage-Your-Time-in-College

Waktu adalah salah satu hal yang sangat penting. Apalagi jika kita bisa mengatur ataupun mengelola waktu dengan baik, efektif, dan ditambah juga kita meninggalkan kebiasaan lama yang buruk. Beberapa hal yang bisa kita lakukan antara lain adalah :

  1. Menyusun Prioritas
    Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menyusun semua kegiatan yang harus ataupun yang akan kita lakukan sesuai dengan prioritasnya dan juga mencatat tanggal-tanggal penting, seperti tanggal ujian, deadline pengumpulan tugas, dan masih banyak lagi.

  2. Membuat Jadwal
    Jadwal bisa kita buat dengan berbagai macam cara. Seperti contohnya kita bisa membuat jadwal menggunakan kalender yang ada di handphone kita ataupun menggunakan aplikasi manajemen waktu. Kita juga bisa membuat jadwal sendiri menggunakan kertas lalu bisa kita tempel di papan atau di dinding sehingga mudah untuk dilihat.

    Didalam jadwal yang telah kita buat masukkanlah daftar prioritas yang sebelumnya sudah kita susun. Jangan lupa sisihkanlah waktu untuk bersosialisasi dan juga waktu untuk tidur, karena kebanyakan orang membutuhkan 7 sampai 8 jam tidur untuk tetap fokus saat belajar.

  3. Fleksibel tetapi Realistis
    Sebagai mahasiswa kita dihimbau untuk belajar saat kuliah, mengikuti seminar-seminar, berorganisasi, dan tidak lupa belajar mandiri. Karena sebagai mahasiswa kita pasti akan banyak kegiatan, maka kita harus ingat bahwa terkadang mengerjakan suatu tugas ataupun kegiatan membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding perkiraan awal. Jadi dalam membuat jadwal kita perlu memberikan waktu tambahan untuk berjaga-jaga.

  4. Rencanakan Terlebih Dahulu
    Saat kita sedang mengerjakan tugas dan butuh research informasi, maka untuk menghemat waktu agar lebih efektif alangkah lebih baik bila kita membuat daftar terlebih dahulu berisi apa saja yang ingin kita ketahui dan berilah waktu untuk memproses informasi tersebut. Hal itu kita lakukan karena dapat membantu menghindari pembacaan informasi yang berulang-ulang dan jika kita membuat catatan tentang hal tersebut

  5. Hindari Menunda dan Gangguan
    Salah satu cara untuk menghindari penundaan dalam pengumpulan tugas ataupun dari gangguan lainnya adalah dengan mengingat kembali suasana ataupun tempat-tempat yang pernah kita gunakan untuk belajar. Dimanakah tempat belajar yang membuat kita tetap fokus? Dimanakah tempat belajar yang penuh dengan gangguan sehingga kita tidak bisa belajar di tempat tersebut? Adakah yang bisa kita lakukan agar belajar terlihat lebih menyenangkan dan seru?

    Yang perlu kita ingat adalah bahwa cara belajar yang dilakukan seseorang belum tentu sesuai dengan cara belajar yang kita lakukan, setiap orang memiliki cara belajarnya masing-masing. Seperti contohnya untuk sebagian orang belajar bersama teman-teman ataupun bekerja didalam kelompok bisa membatasi produktivitas mereka, tetapi sebaliknya untuk sebagian orang belajar bersama teman-teman ataupun bekerja dalam kelompok bisa meningkatkan motivasi mereka dan membantu mereka menghindari penundaan ataupun gangguan lainnya.

  6. Refreshing
    Walaupun sebagai mahasiswa belajar adalah sesuatu yang wajib kita lakukan, tetapi disela-sela belajar kita harus refreshing. Ada banyak cara refreshing yang bisa kita lakukan seperti salah satu contohnya adalah berolahraga. Percaya atau tidak, berolahraga sama seperti tidur. Kedua hal tersebut dapat memfokuskan pikiran kita, membantu menjernihkan pikiran kita, dan meningkatkan kekuatan otak kita.

  7. Apakah Jadwal yang Dibuat Telah Efektif
    Dengan selalu mereview dan mengatur kembali jadwal yang telah kita buat, kita akan tahu apakah jadwal yang telah dibuat perlu perubahan untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas dan juga bisa menyisihkan waktu untuk refreshing ataupun berkumpul bersama keluarga dan teman-teman.

sumber : https://www.topuniversities.com/blog/7-time-management-tips-students

Persepsi umum baik di kalangan siswa maupun di kalangan mahasiswa adalah bahwa mereka selalu kekurangan uang. Meskipun ini mungkin benar, banyak mahasiswa juga selalu kekurangan sesuatu, yaitu: waktu.

Dengan begitu banyak kegiatan yang terjadi di kampus, tidak mengherankan jika mahasiswa dapat merasakan dan benar-benar terbebani dalam hal keterlibatan kelas, pekerjaan, dan organisasi. Bagaimana Anda bisa menyeimbangkan waktu Anda ketika sepertinya tidak pernah ada cukup banyak waku yang Anda miliki?

Disini saya akan mencoba menjawab pertanyaan “Bagaimana cara mengatur waktu selama masa perkuliahan?”

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

1. Mengelola waktu akademik Anda:

Meskipun Anda mungkin memiliki sejuta hal lainnya, penting untuk mengingatkan diri Anda mengapa Anda di perguruan tinggi, yaitu tujuan utamanya: untuk lulus. Akibatnya, pekerjaan akademis Anda harus selalu menjadi yang pertama ketika harus memprioritaskan waktumu.

Saat melihat jadwal Anda dalam seminggu, cari tahu seperti apa komitmen akademis Anda. Jam berapa kamu punya kelas? Berapa banyak pekerjaan rumah yang harus kamu lakukan? Penugasan apa yang harus dilakukan? Kapan Anda memiliki ujian atau kuis?

Jika Anda perlu, bekerja mundur: Jika Anda memiliki ujian pada hari Jumat dan berpikir Anda memerlukan 3 jam untuk belajar dengannya, hentikan satu jam pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis untuk masa belajar. Dan jaga janji itu dengan diri Anda sama seperti Anda melakukan hal lain di kalender Anda.

2. Mengelola waktu pribadi Anda:

Harapan yang tidak realistis seperti berpikir bahwa Anda dapat belajar, pergi ke kelas, dan bekerja sepanjang hari, setiap hari. Otak Anda butuh istirahat juga! Pastikan untuk memberikan waktu kepada diri Anda pergi ke suatu tempat yang menyenangkan seperti di alun-alun, menghadiri pertemuan untuk klub favorit Anda, dan hanya nongkrong sekitar satu jam atau lebih di malam hari bersama teman-teman.

Melakukan hal-hal yang membuat waktu pribadi Anda lebih menyenangkan dan tidak sepenuhnya terfokus pada sekolah, benar-benar dapat meningkatkan produktivitas Anda saat mengerjakan proyek nantinya. Saat melihat kalender Anda, tulislah dalam komitmen pribadi Anda dan pastikan Anda menyisihkan waktu untuk sekedar nongkrong.

3. Ingatlah kesehatan Anda:

Bila jadwal Anda ketat, salah satu hal pertama yang harus dilakukan adalah tidur. Terus bekerja dengan cara yang hingar-bingar, terutama saat Anda kurang tidur, akan membuat anda mengalami masalah kesehatan, seperti: kesehatan mental, kesehatan fisik, dan tingkat stres Anda. Luangkan beberapa saat di awal tiap minggu untuk merencanakan pekerjaan rumah Anda, waktu sosial Anda, dan waktu tidur Anda.

4. Ke mana harus pergi jika Anda memerlukan bantuan manajemen waktu?:

Hal terpenting yang harus dimiliki dalam memanajemen waktu adalah semacam sistem. Beberapa siswa menggunakan kalender di telepon mereka, yang lain menggunakan hal-hal seperti Google Kalender, ada lagi yang masih menggunakan model kalender kertas klasik. Jika apa yang Anda gunakan tidak cocok untuk Anda, jangan menyerah. Ganti saja dan coba lagi.

Selain itu, banyak kampus menawarkan bantuan dengan manajemen waktu karena ini merupakan tantangan bagi semua orang. Cobalah berbicara dengan penasihat akademis Anda atau pusat bimbingan di kampus. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan sumber daya yang mungkin ditawarkan oleh pusat kesehatan kampus Anda (terutama bila menyangkut keseimbangan hidup, kehidupan perguruan tinggi yang sehat) atau bahkan program pendampingan sebaya.

https://www.usnews.com/education/blogs/the-college-experience/2011/10/05/learn-to-manage-your-time-in-college