Bagaimana cara mengatur pose-pose model kit gundam untuk fotografi?Yuk simak!

           Panduan pose gundam yang benar: basic pose

memberikan pose pada model kit gundam sesuai yang anda inginkan sebenarnya mudah dan sederhana hanya tetapi ada beberapa point penting yang harus digaris bawahi yakni pada saat memposekan gunpla harus terlihat seperti natural dan tidak kaku, sebelum anda menaruh gunpla yang anda baru rakit pasti anda posekan terlebih dahulu agar terlihat natural dan keren seperti halnya pada anime gundam itu sendiri, memberikan pose pada gunpla yang benar juga sebagai salah satu faktor penting pada saat difoto, berpose pada saat akan difoto kamera bisa menjadi sedikit lebih rumit karena memiliki lebih banyak pertimbangan tentang asesoris yang akan difoto dan agar memenuhi kesan ekstetika yang bagus, untuk posting kali ini kita hanya akan membahas tentang pose dasar/basic dan untuk pose action akan kita bahas di posting selanjutnya.

Selain pose untuk dipajang gunpla anda juga dapat diposekan untuk difoto, saya yakin anda mengambil foto gunpla anda dari awal hingga selesai untuk diupload keinternet atau media sosial. Tentunya jika pose pada foto anda bagus tangganpan dari orang lain juga akan bagus. Memberikan pose gunpla bisa sesuka hati anda bisa dari mencari refrensi diinternet atau seperti pada box gunplanya hehehe. saya sih lebih memilih pose gunpla “meniru dari anime Gundam” .

Tips dasar memberikan pose gunpla yang benar

Memberikan pose pada model kit gundam merupakan aspek penting dari hobi modeling/koleksi dari gunpla anda. Sebuah pose yang baik membawa gunpla anda berkesan keren dan gagah, sementara jika pose yang salah malah akan membuat model kit gundam anda terlihat cacat. Oleh karena itu, memberikan pose yang benar adalah sebuah hal penting sabelum gunpla anda benar benar dipajang atau difoto

pose dasar model kit gundam

#1. arahkan pandangan dagu kebawah

agar bagian kepala tidak terlihat aneh menenggak keatas, pada dasarnya arahkanlah sedikit dagu kebawah sehingga bagian dari mata seperti berkesan misterius. jika dagu tidak ditarik ke bawah dan hampir melirik ke atas, pose keseluruhan akan terlihat aneh.

#2. sejajarkan ketinggian kedua bahu

ketika menyesuaikan  kedua bagian lengan dan bagian dada mungkin saja posisi salah satu bahu gunpla miring dan tidak sejajar dengan yang satunya maka dari itu periksalah sebelum ingin difoto atau dipajang. dan ada baiknya angat sedikit keatas kedua bahu agar lebih terlihat postur yang kekar.

#3. postur badan jangan lurus, postur badan harus seperti berbentuk s

meskipun pose postur tubuh gunpla vertikal, tetapi jika postur terlihat sangat lurus malah akan tampak terlihat seperti mainan anak pada umunya, ingetlohh gunpla bukan mainan anak :p. untuk membetulkan pose tubuh agar terlihat gagah postur tubuh gunpla harus tampak seperti huruf “S” pinggul dan dada menonjol, dan perut ditarik sedikit kebelakang, ini adalah maksud dari yang kita sebut seperti huruf S . Tetapi jika perut ditarik kebelakang terlalu banyak mungkin terlihat seperti bungkuk, jadi harap disesuaikan masing-masing.

#4. tekuk sedikit bagian lengan

menekuk sedikit lengan gunpla juga akan menambah efek secara keselurahan natural dan tidak terlihat seperti mainan, seperti yang anda tahu model kit gundam memiliki artikulasi yang bagus ditiap grade gundam kecuali untuk grade SD. makin tinggi level grade gunpla maka makin bagus juga artikulasi lengan,

#5. buka kaki sedikit lebar keluar seperti membentuk /  

renggangkanlah posisi kedua kaki gunpla melebihi sedikit bagian pinggang dan tekuk sedikit pada bagian sepatu agar membentuk seperti huruf v, selain agar membuat pose menjadi gagah membuka kaki lebar seperti huruf V juga membantu stabilitan gunpla saat berdiri.

Jika sudah mengerti tentang pose yang benar pada gunpla, ada selanjutnya bisa meberikan pose action  atau seperti pose pada animenya, selain itu cara terbaik memberikan pose yang keren yakni dengan mencari refresnsi pose gunpla yang kemudian anda praktekan dengan trial and error sampai kemudian anda mendapatkan pose yang diinginkan karna hal ini subjektif dan bentuk dari ekspresi pribadi sehingga semuanya sepenuhnya terserah Anda. Hanya saja hati-hati dan jangan takut untuk mendorong batas-batas artikulasi gunpla anda  agar mendapatkan pose yang bagus ketika difoto. Semoga posting ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Referensi:
Panduan pose gundam yang benar: basic pose

Wah sangat bermanfaat gan akhirnya saya bisa menemukan cara untuk menentukan angle yang pas sewaktu memfoto hasil rakitan saya :smiley:

Terima Kasih Banyak!