Bagaimana cara mengatasi tulang ekor yang sakit?

Rasa sakit pada tulang ekor dapat bersifat ringan hingga berat. Nyeri dapat bertambah berat ketika duduk, bangkit berdiri, atau ketika duduk bersandar. Bagaimana cara mengatasi tulang ekor yang sakit?

Untuk mengatasi rasa sakit dan ketidaknyamanan pada tulang ekor, beberapa tindakan di bawah ini bisa dilakukan:

  1. Terapi Fisik (Fisioterapi)
    Fisioterapi bisa dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri pada tulang ekor melalui penerapan teknik relaksasi dasar panggul. Teknik ini bisa berupa cara melakukan pernapasan yang tepat, sehingga membuat otot-otot dasar panggul menjadi rileks. Hal ini dapat diterapkan saat mengejan ketika berkemih atau buang air besar.

  2. Obat Bius
    Jika diperlukan, dokter mungkin menangani nyeri pada tulang ekor dengan pemberian suntikan anestesi lokal pada tulang ekor untuk menghilangkan rasa sakit selama beberapa minggu. Selain itu, pemberian obat antidepresan atau antiepilepsi tertentu juga dapat membantu mengurangi nyeri pada tulang ekor.

  3. Operasi Bedah
    Pada kasus di mana pengobatan di atas tidak memberikan hasil yang diharapkan, operasi bedah mungkin perlu Anda lakukan. Operasi untuk mengurangi rasa sakit di tulang ekor ini disebut coccygectomy.