Bagaimana cara mengatasi "Self - Loathing"?

Self

“Self - Loathing” adalah menyalahkan diri sendiri bahkan membenci diri sendiri atas kesalahan diri sendiri.
Sumber: Self-Loathing: Where Self-Loathing Comes From and How to Stop It

Ketika membuat kesalahan, kamu kesulitan memaafkan diri sendiri ataupun melupakan kesalahan yang terjadi? Bagaimana cara mengatasinya?

Saya pernah diajarkan oleh seorang psikolog, untuk memaafkan diri sendiri memang tidak mudah dan tidak sulit juga, itu bagaimana cara kita mengikhlaskan sesuatu yang telah terjadi, bila kita merasa pikiran-pikiran negatif muncul tentang menyalahkan diri sendiri diredam dan coba mengalihkannya dengan menyibukan diri dengan hal-hal yang positif, contohnya dengan meditasi butterfly hug dan membuat jurnal diri. Cobalah untuk sesering mungkin mengatakan kepada diri anda “Maafkan (sebut nama anda) yaaa”

1 Like

Segala sesuatu yang berlebihan sebagian besar memang tidak baik, begitu juga dengan pujian. Namun, ketika kamu sudah merasakan mulai adanya gejala self-hatred , sesekali menerima pujian dari orang lain sangat dibutuhkan. Hal ini dapat membantu menaikkan kepercayaan diri yang cenderung menurun ketika mengalami self-hatred .

Selain sebagai obat kepercayaan diri ketika sedang berada di titik lemah, menerima pujian dari orang lain juga membantumu memahami tentang hal baik yang ada pada diri. Namun, sekali lagi, kamu boleh saja menerima pujian dari orang lain dengan kadar cukup dan tidak berlebihan.

Self-hatred memang lazim terjadi pada kebanyakan orang, namun bukan berarti kamu harus menerimanya tanpa melakukan pencegahan. Efek buruk yang terjadi ketika seseorang mengalami gejala self-hatred sangat merugikan masa depan, cita-cita, dan mengurangi rasa syukur.