Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri?

image
Rasa percaya diri adalah suatu sikap atau keyakinan atas kemampuan diri sendiri, sehingga dalam melakukan tindakan tidak terlalu sering merasa cemas, merasa bebas untuk melakukan hal-hal yang sesuai dengan keinginan, dan memiliki tanggung jawab atas keputusan dan tindakan yang dilakukan. namun, terkadang ada beberapa individu yang merasa kurang percaya diri.
Menurut oudics, bagaimana cara mengatasi rasa tidak percaya diri tersebut?

Dulu aku pernah merasa tidak percaya diri karena aku merasa ‘dia dan mereka’ memiliki kualitas yang lebih baik dan mendukung seperti privilage salah satunya. sedikit sulit untuk membangun rasa percaya diri karena takut mendapatkan celaan, cemooh, ataupun pandangan jelek atas suara dan karyaku. namun, setelah aku kuliah aku sadar bahwa rasa tidak percaya diri ku ini akan membuat aku tidak berkembang atau bahkan stuck di zona nyaman aku ini yaitu tidak berani unjuk diri. caraku mengatasi rasa tidak percaya diri adalah:

  1. bersyukur akan bakat yang dimiliki, setiap orang pasti memiliki hal yang unik dan itu patut untuk disyukuri dan dikembangkan.
  2. memulailah dari lingkungan kecil, seperti mengikuti organisasi atau komunitas kampus. disana kita bisa memberikan suara atau karya yang kita miliki. sepengalaman aku, anggota organisasi selalu memberikan apresiasi atas aspirasi yang diberikan dan ini akan meningkat semangat kita untuk lebih percaya diri memberikan apa yang kita miliki.
  3. memberikan sugesti kepada diri sendiri bahwa kamu itu bisa melakukan hal yang berpengaruh untuk orang banyak, berikan sugesti bahwa kamu dapat memberikan pengaruh positif untuk siapapun itu.
  4. mengikuti berbagai macam webinar, training, talkshow untuk meningkatkan kemampuan yang kamu miliki. dengan memiliki kemampuan yang lebih atau pun berlisensi dan diakui akan membuat kita semakin percaya diri bahwa kita adalah orang yang berpotensi.

Cara mengatasi rasa tidak percaya diri dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Berhenti membandingkan diri dengan orang lain
    Berhenti membandingkan diri dengan orang lain seperti fisik (goodlooking atau tidak) dan materi (pendapatan yg didapat). Ketika menyadari bahwa diri kita sedang membandingkan diri dengan oranglain, coba ingatkan diri bahwa hal itu tidak membantu. Setiap orang memiliki timing yang berbeda - beda.
  • Mencari lingkungan yang memiliki dampak positif
    Orang - orang disekitar dapat mempengaruhi pikiran dan sikap. Oleh karena itu, mencari lingkungan dengan orang - orang yang dapat memberikan dampak positif salah satunya orang yang bersedia men-support atau mendukung dengan apa yang lakukan, bukan untuk menjatuhkan.
  • Tetap bersikap baik kepada diri sendiri (self - compassion)
    Tetap melakukan diri sendiri dengan baik walaupun diri kita melakukan kesalahan/gagal. Dengan cara tetap menghargai/bersikap baik/tetap connect dengan diri kita sendiri dapat memberikan dampak positif seperti dapat mengontrol emosi. Yang dimana hal tersebut dapat meningkatkan hubungan dengan orang lain. Para peneliti melakukan penelitian terdapat hubungan antara self compassion dengan rasa kepercayaan diri.
  • Melakukan Self - Talk Positif
    Berbicara kepada diri sendiri dengan kalimat positif dapat menumbuhkan rasa optimis kepada diri sendiri. Sedangkan self - talk dengan kalimat negatif dapat berdampak pengurangan kemampuan dan rasa percaya diri. Self talk mempengaruhi alam bawah sadar diri, jika kita berkata pada diri kita “bisa”, maka hal yany akan kita lakukan bisa dicapai.
  • Belajar menghadapi ketakutan
    Berlatih menghadapi ketakutan yang berasal dari kurangnya rasa percaya diri. Cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri adalah dengan menghadapi ketakutan secara langsung.

References: 6 Ways to Build Self-Confidence

Aku pun juga salah satu orang yang gampang minder atau tidak pede, apalagi jika berhadapan dengan orang banyak. Ada beberapa tips bagi para Youdics yang sering merasa tidak percaya diri, dan mungkin bisa ikut diterapkan:

  1. Menerima diri sendiri
    Penting untuk dapat menerima diri sendiri apa adanya agar tidak terjerumus kepada rasa minder. Kita tidak dapat mengharapkan untuk memiliki penampilan yang sama dengan orang lain. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing baik dalam hal fisik maupun sifat dan mental, hanya saja kekurangan tersebut tidak selalu terlihat oleh orang lain. Menerima diri sendiri termasuk mensyukuri apa yang dimiliki beserta segala kekurangan dan kelebihan akan mencegah kita dari merasa minder.

  2. Meningkatkan pengetahuan
    Pengetahuan adalah kekuatan, karena itulah sangat penting untuk menyerap berbagai informasi yang berguna sebaik – baiknya untuk mengasah ketajaman berpikir kita. Pengetahuan dapat memperluas wawasan seseorang ke tingkat yang lebih tinggi, meningkatkan kemampuan diri dalam berbagai bidang dan juga menjadi sarana untuk menjadi lebih percaya diri pada pergaulan sosial, karir, dan pendidikan.

  3. Terus berpikir dan bertindak positif
    Tidak cukup hanya selalu berpikir positif dan menyingkirkan berbagai pikiran negatif, pikiran yang positif juga harus diikuti dengan tindakan yang positif pula. Mewujudkan tindakan yang positif dalam kehidupan sehari – hari akan sangat berpengaruh kepada peningkatan rasa percaya diri seseorang. Usahakan untuk meminimalkan kebiasaan berpikir negatif agar tidak melemahkan semangat kita untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Yap, saya sering sekali merasa tidak percaya diri jika dihadapkan dengan orang banyak dan orang-orang yang unggul dibandingkan saya. Saya cenderung membandingkan diri sendiri dan merasa rendah sekali. Padahal sebenarnya mampu untuk melakukannya tapi kurang percaya dengan kelebihan diri sendiri. Beberapa hal yang saya lakukan untuk lebih percaya diri ialah berhenti membandingkan, tonjolkan kelebihan diri sendiri. Setiap orang memang punya kelebihan dan kekurangan, itulah sebabnya kita berhenti untuk saling membandingkan. Apa yang kita lihat pada diri seseorang belum tentu nyata. Kemudian , jangan takut untuk mengambil tantangan. Makin sering gagal, makin banyak pengalaman diperoleh. Jadikan kegagalan sebagai pelecut semangat kita untuk kembali bangkit dan mengumpulkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, dengan mulai ikuti beragam kegiatan menantang, entah dalam karir atau pun kehidupan sosial membuat kita lebih percaya diri. Selain itu, kita harus menghilangkan pikiran negatif yang ada di otak kita mengenai diri sendiri dan selalu mengikuti kata hati kita.