Bagaimana cara mengatasi rasa bahwa kita mengalami hal paling sial didunia?

c-sial-w-600x600

Kiita pernah merasa menjadi orang paling sial sedunia dan rasanya kehidupan sudah tidak berpihak pada diri kita. Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini ?

1. Syukuri Apa yang Ada
Mari coba kita lihat kembali ke masa yang lalu. Boleh kamu buat list mengenai apa saja yang sudah berhasil kamu raih atau berhasil lalui? Tidak harus sesuatu yang mengandung nilai prestige. Namun hal sederhana yang luput dari rasa syukur kita namun sebetulnya merupakan keberuntungan. Misalnya saja tentang kesehatan, mempunyai pacar yang pengertian, dan sebagainya.

2. Tidak Membandingkan
Ada baiknya pula kamu lebih fokus pada pencapaian diri. Tidak perlu membandingkannya dengan orang lain. Maka kamu tidak akan Merasa Orang Paling Sial SeDunia.

3. Menyusun Rencana
Andai pun masih ada hal-hal yang belum tercapai, belum terlambat untuk segera memulai menyusun rencana dan strategi dalam rangka meraihnya.

4. Perkuat Kemauan dan Komitmen
Yang perlu kamu kuatkan adalah kemauan dan komitmen. Hal itu untuk berusaha mewujudkan apa saja yang menjadi cita-cita kamu. Untuk memudahkan kamu melakukan evaluasi, bisa ditulis misalnya di buku Diary mengenai harapan yang ingin kamu raih. Baik dalam jangka pendek, menengah dan panjang. Dalam menuliskan harapan buatlah se-realistik mungkin dan spesifik.

Misalnya yang dianggap kurang realistik dan kurang spesifik adalah: ingin berhasil di dunia dan akhirat, ingin bahagia. Sebaiknya ditulis dengan kalimat yang lebih mudah untuk dilaksanakan seperti: bisa menjadi karyawati di posisi manajemen, bisa melaksanakan sholat 5 waktu dan ditambah dengan sholat sunnah, ataupun hal-hal lain yang ingin kamu raih.

Tidak perlu muluk-muluk, bisa dimulai dari hal terkecil lebih dulu. Jangan lupa pula untuk selalu bersyukur serta melakukan evaluasi secara berjangka. Hal ini penting agar kamu dapat segera merubah strategi jika ada langkah yang dianggap kurang efektif.

5. Mempunyai Alternatif Rencana
Perlu diingat pula bahwa kamu jangan fokus pada satu rencana saja. kamu harus punya alternatif rencana lain.

Kemudian, terkait perasaan seperti tidak ada yang peduli, bosan dan tidak betah ketika berada di rumah, sayangnya kamu kurang memberi gambaran terkait hal apa saja yang menimbulkan perasaan seperti itu.

6. Mencari Kegiatan yang Positif dan Produktif
Namun, dengan informasi yang disampaikan sebelumnya secara teknis bisa diatasi dengan mencari kegiatan lain yang positif dan lebih produktif. Salah satunya untuk mengusir kebosanan. Adapun jika kamu merasa tidak ada yang peduli, tidak ada salahnya apabila kamu terlebih dahulu yang meluangkan waktu untuk lebih banyak bersama dengan keluarga dan memberikan kepedulian terlebih dahulu.