Bagaimana cara mengatasi penyakit ikan Koi Herpes Virus (KHV) ?

Koi Herpes Virus (KHV)

Koi Herpes Virus (KHV) adalah salah satu penyakit mematikan pada ikan koi yang disebabkan oleh virus. Bersifat akut dan ganas, sehingga dapat menimbulkan kematian ikan koi secara massal dalam satu kolam dalam waktu yang relatif cukup singkat.

Penyakit ini bersifat menular. Biasanya penyebarannya berlangsung pada musim panas, ketika suhu air cukup tinggi, antara suhu 18 sampai 27 derajat celcius. Sejak timbul gejala, kematian ikan koi yang terkena virus ini hanya dalam waktu 24 sampai 48 jam saja.

Bagaimana cara mengatasi penyakit ikan Koi Herpes Virus (KHV) ?

Untuk mengatasi Koi Herpes Virus (KHV) dapat menggunakan bawang putih. Bawang putih merupakan tanaman yang bersifat antibiotik alami. Termasuk pada ikan koi, di samping juga telah diketahui secara umum bahwa bawang putih baik bagi manusia.

Bawang putih mengandung allicin yang mampu membunuh kuman/bakteri. Juga mengandung sativine yang berkhasiat untuk pertumbuhan sel dan jaringan. Uji coba penggunaan bawang putih untuk menanggulangi penyakit KHV pernah dilakukan di IPB.

Hasilnya, daya tahan ikan koi terhadap serangan KHV cenderung meningkat dengan konsumsi bawang putih, yaitu dengan membuat formula tonik dengan campuran sari bawang putih sebagai makanan ikan koi.

Dari hasil penelitian itu juga dihasilkan, kematian ikan koi berkurang dengan pakan tonik campuran bawang putih tersebut. Ikan koi semakin sehat dari sebelumnya. Air kolam semakin jernih dari sebelumnya dipenuhi lendir dari tubuh ikan koi yang sakit.

Pembuatan pakan ikan anti KHV dengan bawang putih

  • Kupas bawang putih
  • Campur air lalu blender
  • Perbandingan air dan bawang putih saat diblender: 50 gram per 100 ml air sampai dengan 70 gram per 100 ml air.
  • Lakukan penyaringan cairan yang dihasilkan tadi untuk memisahkan ampasnya
  • Semprotkan cairan yang dihasilkan tersebut pada pakan ikan dan biarkan dingin dan mengering sehingga bercampur dengan pakan ikan
  • Untuk pencegahan, gunakan 1 kali setiap minggu pakan tersebut. Tetapi jika sudah ada ikan yang terkena panyakit, berikan pakan tersebut 2 kali sehari

Ikan yang menggunakan pakan dengan antibiotik bawang putih alami ini dapat menjadi lebih sehat dan daya tahan terhadap penyakit menjadi lebih baik.

Jenis-jenis penyakit ikan koi lainnya:

  1. Penyakit white spot pada ikan koi
  2. Penyakit koi kapas putih
  3. Penyakit koi Lernaea
  4. Luka gores
  5. Penyakit lumpur pada ikan koi
  6. Jamur batang insang
  7. Penyakit lumpuh pada ikan koi
  8. Penyakit punggung kurus
  9. Cacar ikan koi
  10. Jamuran pada mulut ikan koi
  11. Ikan koi terkena dropsi
  12. Penyakit cacing kulit pada koi
  13. Penyakit busuk sirip dan ekor ikan koi
  14. Koi Herpes Virus (KHV)
  15. Penyakit LEECHES (Lintah) pada ikan koi
  16. Penyakit kutu jangkar