Bagaimana cara mengatasi penyakit cacar pada ikan gurame ?

Ikan gurame

Ikan gurame ialah ikan herbifora yang dminati banyak orang karena kelezatan dagingnya dan kandungannya yang rendah kolestrol. Segala macam olahan dari ikan gurame selalu menjadi primadona di rumah makan. Dalam budidaya ikan gurame, jauh lebih bagus jika ditempatkan di kolam yang terkena sinar matahari langsung, sehingga lebih hangat dan mendapatkan vitamin alami, serta meminimalisir berbagai penyakit.

Bagaimana cara mengatasi penyakit cacar pada ikan gurame ?

mengatasi cacar pada ikan gurame.

1. Pahami Gejalanya

Sebelum memahami mengenai cara mengatasi cacar pada ikan gurame wajib untuk mengetahui gejalanya terlebih dahulu yakni ikan menjadi sering menggosok gosokkan badan di bagian kolam. Cacar pada ikan gurame umumnya menyerang sirip dan ekor hingga luka dan jika dibiarkan akan menyerang ingsang hingga berenangnya miring miring dan akhirnya mengambang di kolam.

2. Ganti Air Kolam

Langkah pertama untuk mecegah kuman menyebar lebih luas dan menghindari penularan ke ikan gurame yang sehat ialah dengan mengganti air kolam, yakni minimal 1/3 dari bagian kolam atau lebih bagus 1/2 bagian dan apalagi semuanya yang artinya mengganti seluruh air kolam dengan air yang baru sehingga air benar benar bersih dan ikan gurame yang sehat merasa nyaman.

3. Beri Air Baru yang Mengandung Probiotik

Air baru yang diganti akan jauh lebih baik jika diganti dengan air yang mengandung probiotik di dalamnya. Probiotik tentu sangat bermanfaat untuk ikan gurame sebab akan melindunginya dari kuman di sekitar serta meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mencegah penyakit cacar berkembang lebih luas lagi.

4. Menggunakan Formalin

Ikan gurame yang terkena cacar obati dengan cara merendam ikan gurame tersebut di dalam air formalin dengan kadar 25 ml per meter kibig air. Tentu saja dilakukan dengan menempatkannya di tempat yang khusus terlebih dahulu. Hal ii penting untuk membantu membunuh kuman yang ada pada tubuhnya sehingga menekan pertumbuhan virus.

5. Gunakan Garam Dapur

Lanjutkan cara mengatasi cacar pada ikan gurame dengan cara menebar garam dapur 1kg untuk 25 meter persegi pada air kolam yang telah diganti atau yang telah dibebaskan dari virus. Air garam mengandung antibiotik dan antiseptik yang alami sehingga meningkatkan sanitasi di dalam kolam dan memberi rasa nyaman pada ikan gurame.

6. Obat Tradisional

Untuk ikan gurame yang sudah telanjur terkena cacar, agar dapat sembuh secara maksimal, tambahkan juga obat tradisional yang alami dan tanpa bahan kimia sehingga aman untuk ikan gurame, yakni membuat ramuan dari 1 lembar daun pepaya dan 1 kg garam dalam air 5 liter untuk kolam 25 meter persegi. Sebarkan di kolam sebagai obat alami yang ampuh.

Referensi: