Bagaimana cara mengatasi Obesitas pada Kucing?

Memiliki kitty yang terlalu gemuk tentu sangat tidak menyenangkan, selain tidak enak dipandang juga berbahaya bagi kucing itu sendiri antara lain terjadinya over-grooming yang sangat merugikan.

Bagaimana cara mengatasi Obesitas pada Kucing?


Obesitas pada kucing disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah kurangnya aktifitas kucing dalam keseharian. Sering kita jumpai kucing rumahan hanya makan dan kemudian tidur, hal inilah yang mengakibatkan kondisi tubuh kucing menjadi kelebihan berat badan (obesitas).

Memiliki kitty yang terlalu gemuk tentu sangat tidak menyenangkan, selain tidak enak dipandang juga berbahaya bagi kucing itu sendiri antara lain terjadinya over-grooming yang sangat merugikan. Salah satu cara terbaik mengatasi obesitas pada kucing adalah dengan melakukan olah raga secara rutin. Bagaimana cara agar kucing mau berolahraga? Pertanyaan yang sering di ungkapkan oleh para pemelihara kucing khususnya bagi kucing rumahan.

Kucing rumahan tentu berbeda dengan kucing liar, sebagaimana kita ketahui kucing liar akan meluangkan waktu untuk berolahraga tiap hari misalnya dengan berlari kesana kemari, memanjat pohon, atau mengejar hewan lainnya di luar rumah. Akan tetapi bagi kucing rumahan tentu hal ini jarang kita temui, apalagi jika pemilik sedang pergi maka kucing akan terdiam sambil tidur seharian karena tidak adanya sesuatu yang bisa diajak untuk bermain.

Solusi terbaik agar kucing berolahraga adalah dengan memberikannya mainan. Saat ini sudah banyak jenis mainan untuk kucing yang diperjual belikan, Anda tinggal membelikannya dan latihlah mereka bermain hingga kucing dapat memainkannya sendiri tanpa harus ditunggui.

Kucing juga mempunyai sifat bosan sama seperti manusia, oleh sebab itu belikanlah kucing beberapa jenis mainan untuk mengatasi rasa kebosanan. Tips, saat anda akan membelikan mainan, carilah yang memiliki aroma yang juga disukai oleh kucing. Mainan yang mengandung bau-bauan kesukaan kucing akan lebih mudah untuk diresponnya. Jika anda sudah terlanjur memberikan mainan yang tidak beraroma, maka anda bisa memberikan spray khusus yang bisa anda beli di petshop kemudian semprotkan pada mainan tersebut.

Perlu diperhatikan juga jika kucing sudah selesai bermain sebaiknya simpan kembali mainan tersebut agar kucing tidak cepat bosan.

Cara lain agar kucing mau bergerak atau berolahraga adalah dengan menyembunyikan makanan setiap kali anda akan memberinya makan. Biarkan kucing untuk mencari makanan tersebut, cara ini khusus untuk makanan dry food. Sangat mudah bukan? cara menghindari obesitas pada kucing. Selamat mencoba.