Bagaimana cara mengatasi Murai Batu yang tidak mau makan Voer ?

Bagaimana cara mengatasi Murai Batu yang tidak mau makan Voer ?

Cara mengatasi Murai Batu yang tidak mau makan Voer bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu cara yang sedikit memaksa dengan cara pendekatan.

1. Cara sedikit memaksa

Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:

  • Anda harus menghentikan pemberian pakan saat siang hari,dengan cara ini Murai akan kelaparan dan bersedia untuk makan apapun.
  • Saat siang hari, Anda jangan memberinya makanan apa pun temasuk jangkrik ataupun EF. Jadi Anda hanya perlu menyiapkan satu cepuk Voer saja.
  • Setelah sore hari Anda bisa memeriksa kotoran Murai, jika kotorannya berwarna hijau, menggumpal, dan tampak seperti Voer, maka Murai sudah memakan Voer tersebut. Tapi, saat kotorannya masih encer dan putih berarti Murai belum makan Voernya.
  • Jika burung belum juga makan, Anda bisa melemparkan Voer tersebut ke lantai sangkar atau kandang. Dengan cara ini burung akan mudah melihat Voer dan lebih tertarik untuk makan.jika sudah seperti itu maka Anda bisa melanjutkan cara tersebut selama 2 hari. Setelah menjelang hari ketiga, baru Anda bisa menambahkan EF (jangkrik) karena burung sudah memiliki nafsu makan yang normal.

2. Cara pendekatan

Untuk menangani Murai Batu yang mogok makan Voer, Anda bisa melakukan cara pendekatan pakan EF sebagai berikut:

  • Potonglah kecil Voer, kroto dan jangkrik, lalu Anda campurkan ketiganya.
  • Pastikan pakan tersebut tercampur merata, jika begitu maka saat Murai maka jangkrik atau kroto, maka Ia juga akan mengkonsumsi Voer. Sedangkan tanda bila Murai sudah mengonsumsi Voer adalah kotorannya yang berwarna hijau dan menggumpal.
  • Pada hari berikutnya Anda bisa kurangi porsi EF dan jangkrik sedikit demi sedikit, sampai Murai mau untuk makan Voer suutuhnya.