Bagaimana cara mengatasi Lovebird yang kurus atau dada nyilet?

image

Bagaimana cara mengatasi Lovebird yang kurus atau dada nyilet ?

Lovebird yang kurang gizi biasanya hanya diam dibawah sambil memilih-milih makanan yang jatuh didasar sangkar. Perilaku ini sering terjadi karena kemungkinan lovebird hanya diberi pakan milet putih saja setiap hari tanpa pemberian ekstra fooding.

Kasus nyilet karena kurang gizi ini biasanya terjadi pada lovebird yang dijodohkan karena lovebird yang sedang memproduksi telur banyak membutuhkan gizi untuk menghasilkan telur. Lovebird yang meloloh anaknya juga perlu tambahan pakan seperti jagung muda dan kangkung agar anaknya cepat gemuk serta indukan tidak kurus karena kekurangan makanan.

Burung lovebird selain diberi makan milet putih sebaiknya diberi exstra fooding juga berupa jagung muda dan juga kangkung. Pemberian EF tidak perlu setiap hari, seminggu cukup 2 kali saja. Pemberian jagung pada lovebird ditujukan agar burung mendapatkan tambahan nutrisi agar burung tidak kurus dan nyilet. Pemberian vitamin yang dicampur pada minuman juga dapat memperkuat kekebalan tubuh dari serangan penyakit