Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Berwarna Belang Karena Sering Terpapar Sinar Matahari?

kulit wajah belang

Beraktivitas di luar ruangan pastinya tidak dapat dihindari bagi yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Harus pintar-pintar memberikan perlindungan pada kulit agar tidak merusak penampilan di kemudian hari. Karena seperti yang kita tau, sinar matahari menghantarkan sinar ultra violet yang berbahaya bagi kulit. Selain dapat menyebabkan kulit menjadi hitam, noda dan flek bisa muncul di daerah yang sering terpapar sinar matahari. Oleh karena itu, perlu kiranya mengetahui berbagai cara untuk menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari.

1 Like

Beberapa cara menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari adalah sebagai berikut:

1. Menghilangkan Belang dengan Lemon

Lemon merupakan golongan sitrus yang tinggi akan kandungan vitamin C. Vitamin C telah terbukti mampu mencerahkan dan memutihkan kulit. Vitamin C merupakan master antioksidan berat dan faktor penting untuk sintesis kolagen . Vitamin C memberikan kontribusi untuk fotoproteksi (perlindungan dari sinar UV), mengurangi photodamage (kerusakan kulit akibat sinar UV), dan diperlukan untuk mempercepat penyembuhan luka. Cara kerja Vitamin C dalam bentuk ascorbyl telah diuji secara ekstensif dan dilaporkan dapat menekan sintesis pigmen dalam memproduksi melanin (pigmen kulit yang dapat menimbulkan flek dan warna hitam di wajah).

Caranya: Siapkan 1 buah lemon untuk kemudian diperas ke dalam sebuah wadah atau mangkuk, Ambil kapas dan celupkanlah ke dalamnya, lalu aplikasikan ke wajah secara merata, hati-hati agar tidak terkena mata. Setelah kering, pakai air hangat untuk membilas wajah sampai benar-benar bersih.

2. Mencampurkan Lemon dan Telur

Telur kaya akan manfaat. Bagian putihnya kaya akan protein, sedangkan bagian kuning telur kaya akan lemak. Selain itu telur juga mengandung kalsium, kalium, magnesium, zinc, dan zat besi. Telur sering digunakan sebagai masker wajah dengan memanfaatkan bagian putih telurnya. Putih telur mempu mengencangkan kulit wajah serta mencerahkan kulit. Apabila diaplikasikan dengan menambahkan air lemon dapat menjadi cara menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari secara alami.

Caranya: campurkan putih telur dan air lemon, aduk sampai rata. Panaskan wajan anti lengket dengan api kecil, masukkan campuran tadi lalu masak hingga berbentuk lotion. Matikan api. Tunggu hingga dingin. Lalu aplikasikan pada wajah secara merata, tunggu sampai mengering. Bilas dengan air hangat dan cuci dengan sabun.

3. Menggunakan Masker dan Lulur dari Kunyit

Kunyit yang digunakan untuk menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari dapat berupa bubuk kunyit. Kandungan betakaroten yang tinggi pada kunyit berperan sebagai antioksidan yang mampu mendetoksifikasi kulit wajah. Selain itu, efek dingin dari penggunaan kunyit ini dapat mencerahkan dan menyegarkan wajah.

Caranya: campurkan bubuk kunyit dengan perasan air jeruk, aduk hingga menyerupai pasta. Oleskan pada bagian kulit yang belang, diamkan selama ± 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

Sumber

https://klinikkecantikan.co.id/perawatan/kulit/cara-menghilangkan-kulit-belang-akibat-sinar-matahari