Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Ketiak Hitam dengan Cepat dan Alami?

kulit ketiak

Setiap orang, khususnya kaum wanita pastinya menginginkan ketiak yang berwarna putih. Apabila wanita memiliki ketiak hitam, ini akan sangat mengganggu penampilan terbukanya. Dengan wajahnya yang putih nan cantik lalu ketiaknya berubah menjadi berwarna hitam, ini pasti akan sangat memalukan dan menurunkan rasa percaya diri dan penampilannya.

Lantas cara apakah yang harus dilakukan agar ketiak menjadi putih?

Banyak cara yang dapat kita lakukan, namun yang paling aman adalah menggunakan bahan-bahan alami. Selain mudah didapatkan, bahan alami juga tidak memiliki efek samping setelah digunakan.

Berbagai bahan untuk memutihkan kulit ketiak, ialah:

1. Lemon

Lemon adalah pemutih alami yang dapat mencerahkan semua bagian kulit termasuk ketiak. Tidak hanya itu, lemon juga berfungsi sebagai bahan antiseptik, yang dapat menghilangkan bau pada ketiak. Tetapi, Anda disarankan untuk tidak menggosokkan lemon secara langsung pada ketiak, karena asam sitrat yang terdapat pada lemon terlalu keras dan menyebabkan kulit kering. Anda disarankan untuk mencampurkan bubuk kunyit, yogurt tanpa rasa, madu, dan jus lemon, diamkan selama 10 menit, lalu bilas. Lakukan selama 3 kali seminggu. Apabila Anda tetap ingin menggosokkan lemon secara langsung, disarankan untuk langsung menggunakan pelembap setelahnya.

2. Apel

Menggosok ketiak dengan apel yang dihaluskan dapat menghilangkan noda hitam dan bau. Apel mengandung tingkat keasaman dan AHA yang dapat membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan menghitamnya ketiak. Apel juga baik untuk pengelupasan kulit.

3. Kentang

Sama seperti lemon, kentang juga merupakan pemutih alami. Namun, kentang tidak membuat kulit kering seperti lemon dan juga tidak menyebabkan iritasi. Anda bisa langsung menggosokkan potongan kentang pada ketiak atau memasukkan kentang ke dalam blender terlebih dahulu, lalu oleskan ke ketiak.

4. Mentimun

Selain menghilangkan lingkaran hitam pada mata, mentimun juga dapat menghilangkan noda hitam pada ketiak. Caranya dengan menggosokkan potongan mentimun pada ketiak. Mentimun akan memutihkan sekaligus melembapkan kulit. Anda juga dapat mencoba cara ini bersamaan dengan jus lemon atau madu.

5. Baking soda

Baking soda juga merupakan pemutih alami. Namun, lebih lembut dan juga tidak meninggalkan efek samping setelahnya. Untuk menggunakannya pada ketiak, buatlah adonan kental dengan mencampurkan baking soda dan air. Oleskan pada ketiak yang hitam, diamkan hingga mengering. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Sumber

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/cara-mengatasi-ketiak-hitam/

1. Gosok potongan lemon ke ketiak agar kandungan antiseptik mencerahkannya

Selain dikenal sebagai antiseptik, lemon dikenal sebagai antibakterial. Maka dari itu, lemon bisa digunakan sebagai pencerah alami dan membantu eksfoliasi kulit. Hanya perlu membelah lemon jadi dua bagian.

Ambil potongan pertama untuk menggosok kulit ketiak selama 15 menit sebelum mandi. Jika ingin hasil yang lebih cepat, menggosok lemon tiap dua hari sekali sah-sah saja dilakukan.

2. Tomat mentah dipercaya cerahkan kulit ketiak. Ia juga handal kurangi keringat kalau kamu menggosok atau menjadikannya masker ke ketiak

Seperti yang diketahui, keringat dapat menyebabkan area kulit menghitam. Namun tidak perlu khawatir. Seperti jus lemon, tomat pun punya kandungan pencerah.

Setiap hari, gosokkan setengah potong tomat ke ketiak. Atau jika ingin menghaluskannya, oleskan jus tomat semalaman dan bersihkan keesokan harinya.

3. Punya kandungan kurkumin sebagai antioksidan, masker kunyit bikin ketiak kuning di awal namun noda gelap pudar kemudian

Sejak dahulu, kunyit memang telah dikenal sebagai pencerah. Kabar baiknya, kunyit juga bisa mencerahkan kulit ketiak. Siapkan serbuk kunyit atau cukup kunyit yang telah ditumbuk halus.

Campurkan dengan perasan air lemon sampai membentuk pasta. Masker kunyit sudah jadi dan tinggal dioles ke ketiak. Biarkan 12-15 menit, baru dibilas air. Disarankan, gunakan kemben dan jangan beraktivitas dulu selama masker menempel di ketiak.

Ketiak adalah salah satu area paling sensitif pada tubuh manusia, di mana dapat dengan mudah dipengaruhi oleh jamur dan bakteri, menyebabkan banyak masalah seperti bau tak sedap, kulit gelap dan terutama ruam.

Ketika Anda menderita ruam ketiak, Anda kemungkinan akan mengalami rasa gatal dan sakit juga. Selain itu, bau tak sedap adalah gejala lain yang tak terhindarkan dan jelas saat Anda mengetahui masalah ini.

Umumnya, ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan ruam ketiak. Namun, beberapa alasan utama mungkin termasuk:

  • Berkeringat berlebihan
  • Produk kosmetik tertentu seperti sabun, parfum, deodoran, dll.
  • Kebersihan buruk
  • Bakteri dan jamur

Berikut ini adalah cara mengatasi kulit ketiak hitam secara alami :

1. Oatmeal

Oatmeal adalah bahan lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat obat rumahan untuk ruam ketiak. Dengan sifat anti-inflamasi, oatmeal dapat mengurangi rasa gatal dan sakit sekaligus mengurangi perkembangan ruam. Selain itu, oatmeal juga berguna untuk menjaga kulit terhidrasi dan lembab dengan baik.

  • Campurkan secangkir oatmeal dalam air hangat.
  • Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender atau minyak zaitun untuk meningkatkan efeknya.
  • Gunakan solusi untuk mencuci ketiak Anda dan oleskan selama beberapa menit.
  • Akhirnya, bilas dengan air.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung banyak lemak dan vitamin E yang sehat, yang membantu melembabkan kulit dan menghilangkan bakteri. Inilah alasan mengapa minyak kelapa masuk dalam daftar obat rumahan untuk ruam ketiak.

  • Letakkan beberapa tetes minyak kelapa di tangan Anda.
  • Gosokkan dengan lembut ketiak Anda selama beberapa menit.
  • Terakhir, cuci bersih dengan air bersih.
  • Akhirnya, biarkan mengering secara alami.

3. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh sangat baik dalam menangani penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri seperti kurap dan eksim. Akibatnya, tidak akan ada yang lebih cocok dari minyak pohon teh dalam memerangi ruam ketiak.

  • Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan satu sendok makan minyak kelapa.
  • Oleskan campuran ke ketiak Anda.
  • Setelah 10 menit, cuci area tersebut dengan air dingin.

4. Lemon

Selama berabad-abad, lemon telah digunakan untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Selain itu, buah ini juga dapat bekerja sebagai deodoran alami yang sangat baik yang mencegah bau tidak sedap dari ketiak. Dengan demikian, Anda pasti dapat menggunakan lemon untuk perawatan ruam ketiak.

  • Ekstrak jus dari lemon lalu campur dengan air.
  • Oleskan campuran ke daerah yang terkena dan gosok dengan lembut.
  • Setelah 15 menit, bersihkan dengan air bersih.

5. Baking Soda

Soda kue adalah bahan yang umum di dapur kami dengan banyak kegunaan yang mengejutkan dan menakjubkan. Selain penggunaan soda kue yang umum, bahan ini dapat membantu Anda menghilangkan ruam ketiak berkat sifat antibakteri, antiseptik, dan anti-inflamasi.

  • Campurkan soda kue dengan air hangat untuk membuat pasta yang halus.
  • Langsung oleskan pasta ke ketiak Anda dan biarkan selama 30 menit.
  • Akhirnya, bersihkan dengan air hangat.

6. Aloe Vera

Aloe Vera telah lama digunakan sebagai perawatan sempurna untuk masalah kulit, termasuk ruam ketiak. Tanaman mengandung sifat antibakteri, antiseptik dan anti-inflamasi yang cukup kuat untuk melawan bakteri penyebab masalah.

Selain itu, Aloe Vera menyediakan cukup vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya yang membantu memperbaiki kulit Anda, bahkan area yang paling sensitif sekalipun.

  • Masukkan gel ke dalam daun Aloe Vera.
  • Gunakan untuk menggosok daerah yang terkena dan biarkan selama 30 menit - 1 jam.
  • Terakhir, basuh area tersebut dengan air bersih.

7. Cuka Sari Apel

Kapan pun cara menghilangkan ruam ketiak, jangan lupa cuka sari apel. Cairan ini sangat efektif dalam mengobati masalah kulit yang menyebabkan gatal, sakit dan iritasi berkat sifat antibakteri dan anti-inflamasinya.

  • Larutkan satu sendok makan cuka ke dalam setengah cangkir air.
  • Gunakan kain katun untuk mengoleskan campuran tersebut ke kulit Anda yang sakit.
  • Setelah 15 menit, bersihkan lagi dengan air bersih.

8. Es

Tidak peduli di mana Anda mendapatkan ruam, segera setelah Anda menerapkan dingin, rasa gatal akan segera hilang. Es adalah solusi sempurna ketika Anda menderita iritasi dan rasa sakit pada kulit.

Secara khusus, menurut para ahli, dingin memiliki dampak besar pada peradangan, yang pada gilirannya mengurangi ruam ketiak.

Untuk menggunakan es untuk menghilangkan ruam ketiak:

  • Gunakan handuk untuk membungkus es.
  • Oleskan kantong es ke daerah yang terkena selama beberapa menit.

9. Vitamin E

Anda pasti sudah tahu pentingnya vitamin E untuk kulit Anda, di mana vitamin itu membantu memperbaiki kulit dan mengurangi iritasi.

Anda dapat memilih mengoleskan vitamin E secara topikal pada kulit yang sakit atau mengonsumsi suplemen vitamin E untuk menyehatkan kulit dan melawan penyakit dari dalam.

10. Shea Butter

Last but not least, Shea butter adalah bahan lain yang digunakan untuk memerangi ruam ketiak, di mana bahan tersebut dapat menghilangkan gatal dan rasa sakit dengan sangat baik. Selain itu, nutrisi dalam Shea butter dapat membantu menyehatkan kulit dan mempercepat penyembuhan.

  • Setelah mencuci area dengan benar, oleskan sedikit Shea butter ke area yang terkena.
  • Setelah beberapa menit, bilas area tersebut dan biarkan mengering secara alami.