Bagaimana Cara Mengatasi Kram Perut?

Cara mengatasi kram perut yang tepat perlu diketahui agar penanganan terhadap kondisi ini dapat dilakukan dengan efektif. Karena penyebabnya beragam, cara yang digunakan pun sebaiknya disesuaikan dengan penyebabnya. Bagaimana Cara Mengatasi Kram Perut?

Beberapa cara di bawah ini mungkin berguna untuk meredakan kram perut:

Suhu Hangat
Memberikan kompres hangat mungkin bisa membantu mengendurkan otot perut. Tindakan ini akan sangat membantu terutama jika otot mengalami ketegangan sehingga menyebabkan kram.

Terapi Pijat
Tindakan lain yang bisa dilakukan di rumah untuk meredakan kram perut adalah pijat. Terapi ini sudah dikenal lama bisa membantu meredakan ketegangan pada otot perut.

Konsumsi Teh Chamomile
Mengonsumsi the chamomile direkomendasikan untuk membuat perut lebih tenang. Selain itu, teh ini juga membantu perut lebih rileks. Teh dari bahan ini juga baik untuk menurunkan konsentrasi gas dalam perut.

Minuman Mengandung Ion
Kram perut yang disebabkan oleh dehidrasi bisa ditanggulangi dengan mengonsumsi minuman yang mengandung ion atau elektrolit. Namun, penderita atau mereka yang memiliki riwayat gangguan ginjal sebaiknya berhati-hati terhadap minuman jenis ini.

Minum Obat Pereda Nyeri
Untuk meredakan nyeri akibat kram perut, obat-obatan pereda nyeri seperti ibuprofen dan parasetamol yang bisa diperoleh tanpa resep dokter bisa juga digunakan. Jangan lupa, perhatikan dosis penggunaan obatnya, ya.

Antasida
Kejang perut yang disebabkan oleh gastritis bisa juga diredakan dengan mengonsumsi antasida. Penggunaan antasida bertujuan menetralkan asam lambung yang memicu perut mengalami nyeri atau kram.

Istirahat
Kram perut yang disebabkan oleh ketegangan pada otot juga bisa diredakan dengan istirahat dan mengurangi aktivitas yang melibatkan otot bagian ini.

https://www.dokterbabe.com/artikel/cara-mengatasi-kram-perut/