Bagaimana Cara Mengatasi Kebotakan Pada Burung Kolibri?

image

Apa ada bahan atau alat yang digunakan untuk mengatasinya?

Masalah kebotakan disebabkan karena pori-pori kulit kepala tertutup sehingga bulu baru yang akan tumbuh sulit untuk keluar. Jika tidak diatasi maka dibutuhkan waktu yang lama agar bulu tumbuh kembali.

Hal ini disebabkan karena disaat mabung burung dijemur terlalu lama sehingga pori-pori tertutup. Bisa juga karena kulit kepala terkena air gula yang terlanjur menempel dan mengeras.

Maka dari itu usahakan burung jangan sampai mandi pada pakan nektar. Pakailah cepuk yang kecil untuk menghindari burung mandi disitu.

Langsung ke pokok permasalahannya yaitu membuka pori-pori klit kepala kembali agar bulu baru dapat dengan mudah keluar. Adapaun yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut :

Bahan :
Air hangat kuku/biasa
Cotton bud
Cepuk kecil
Tissue
Baby Oil

Cara Melakukan pembarsihannya :

  • Persiapakan keempat bahan tersebut, gunakan air hangat kuku (tidak panas) atau bisa juga dengan air biasa (tidak dingin. Kalau saya biasa menggunakan air hangat, semua terserah anda jika masih ragu-ragu.

  • Pegang burung dengan hati-hati jangan sampai tercekik usapkan air hangat yang kita siapkan tadi pada kepala burung secara perlahan. Barsihkan sisa-sisa air gula yang menempel pada bulu burung dan kulit kepala.

  • Gosok perlahan kulit kepala yang tidak ditumbuhi bulu secara perlahan menggunakan cotton bud. Jangan terlalu keras supaya kulit tidak lecet.

  • Jika dirasa sudah bersih keringkan kepala burung dengan menggunakan tissue yang masih bersih.

  • oleskan baby oil pada kulit yang tidak ditumbuhi bulu agar kulit tetap lembab.

Cara ini cukup anda lakukan sekali saja dan pastikan burung dijemur sebentar saja setiap harinya jangan sampai kepanasan. Kurang lebih satu minggu setelahnya bulu baru akan tumbuh kembali