Bagaimana cara mengatasi jamur yang ada di selangkangan?

Jamur pada selangkangan

Jamur pada selangkangan selain menyebabkan gatal, juga sangat tidak enak dilihat. Kulit terlihat menjadi kemerahan.

Bagaimana cara mengatasi jamur yang ada di selangkangan ?

Jamur bisa menginfeksi kulit mana saja, terutama bagian-bagian tubuh yang lembab, salah satunya adalah daerah selangkangan atau lipat paha. Infeksi jamur di selangkangan disebut dengan tinea cruris yang disebabkan oleh jamur tipe dermatofita yang juga umum menginfeksi bagian kulit lainnya.

Infeksi jamur kulit umumnya menyebabkan rasa gatal, begitupula jamur di selangkangan gejala utamanya adalah gatal-gatal terutama ketika berkeringat serta ciri-ciri lain yang akan kita bahas dalam artikel ini. Namun perlu diingat bahwa tidak semua gatal di selangkangan disebabkan oleh jamur, tetapi masih banyak penyebab lainnya.

Ciri-Ciri Jamur di Selangkangan

Penyakit jamur di selangkangan umumnya tidak berbahaya, tetapi dapat berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan infeksi serta ketidaknyamanan terutama pada kulit yang hangat dan lembab. Itulah sebabnya jamur kulit lebih sering berkembang di kulit sekitar selangkangan, paha bagian dalam, dan bokong.

Jamur di selangkangan paling sering terjadi pada laki-laki dan remaja laki-laki, mungkin karena kelompok ini sering beraktifitas dan sering berkeringat. Infeksi jamur ini menyebabkan ruam yang sering terasa gatal dan pedih. Daerah kulit yang terkena juga bisa memerah, bersisik, atau kecoklatan.

Perhatikan gambar di bawah ini:

image

Gejala umum gatal di selangkangan akibat jamur ini meliputi: Kemerahan di daerah yang terkena. Gatal terus-menerus di daerah yang terkena. Sensasi terbakar atau pedih terutama ketika sudah terjadi lecet akibat garukan. Pengelupasan lapisan kulit, sehingga tampak seperti bersisik atau retak kulit di daerah yang gatal. Ruam yang semakin parah dengan olah raga atau aktivitas fisik

Perubahan warna kulit, bisa kemerahan atau kecoklatan, memiliki batas yang jelas antara kulit sakit dan sehat (lihat gambar di atas). Ruam yang tidak membaik atau bahkan memburuk atau bertambah lebar setelah menggunakan krim hidrokortison (anti-gatal). Jamur di selangkangan ini bisa menyebar ke pangkal paha, paha bagian dalam, ke perut dan bokong, tetapi skrotum biasanya tidak terpengaruh.

Apa Faktor Risiko dan Penyebabnya?

Gatal di selangkangan akibat jamur kulit ini disebabkan oleh sekelompok jamur yang disebut dermatofita. Jamur ini secara alami memang hidup pada kulit dan dalam kondisi normal tidak menyebabkan masalah apapun. Namun, bila seseorang tetap mengenakan pakaian berkeringat atau basah setelah berolahraga, maka dalam jangka waktu tertentu hal ini akan memudahkan jamur untuk berkembang biak dengan cepat. Jamur menjadi tumbuh subur dan menginfeksi kulit.

Jamur yang menyebabkan gatal di selangkangan ini memiliki sifat sangat menular. Oleh sebab itu, seseorang bisa terkena infeksi jamur ini melalui kontak pribadi yang dekat dengan orang yang terinfeksi atau melalui kontak dengan pakaian kotor dari orang yang terinfeksi.

Mereka yang memiliki berat badan berlebih lebih mungkin mengalami infeksi jamur karena lipatan kulit yang lebih rapat dan lebih lembab serta rentan terhadap berkeringat. Sebagai tindakan pencegahan, maka dianjurkan untuk mengganti pakaian setiap hari dan mandi dengan mencuci daerah pangkal paha, ketiak dan setiap lipatan tubuh menggunakan sabun dan air bersih.

Obat Jamur Kulit di Selangkangan

Sebaiknya jangan mengobati jamur di selangkangan sendiri tanpa anjuran dokter, meskipun Anda yakin bahwa itu adalah jamur, terlebih ketika Anda masih ragu tentang apa penyebab gatal di selangkangan yang Anda alami.

Dokter akan dapat menegakkan diagnosis tinea cruris hanya dengan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan teliti pada daerah kulit yang terkena. Dalam beberapa kasus, dokter perlu mengambil beberapa kerokan sel kulit (sampel) untuk diperiksa di laboratoarium guna mengkonfirmasi keberadaan jamur.

Langkah-langkah ini digunakan untuk memastikan diagnosis dan sekaligus menyingkirkan gangguan kulit lainnya, seperti psoriasis. Hal-hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengobati jamur di selangkangan antara lain:

  • Menerapkan krim atau salep antijamur pada daerah kulit yang terkena sesuai anjuran dokter.

  • Jangan menggunakan obat salep antigatal secara sembarangan, misalnya saja krim anti-gatal seperti hidrokortison (steroid cream) yang malah akan membuat jamur kulit menjadi lebih subur dan penyakit semakin memburuk.

  • Cuci daerah yang terkena dengan sabun dan air hangat.

  • Keringkan daerah yang terkena secara menyeluruh setelah mandi dan olahraga.

  • Berganti pakaian, terutama celana setiap hari.

  • Pakailah pakaian katun yang longgar.

Kapan harus ke dokter?

Jika gejala tidak membaik setelah dua minggu perawatan, Anda harus kontrol ulang ke dokter. Siapa tahu ada infeksi sekunder yang membuat penyakit menjadi lebih buruk sehingga memerlukan pengobatan tambahan.

Jika diperlukan dokter akan meresepkan obat antijamur yang lebih kuat, seperti: ekonazol, obat jamur topikal (krim) oxiconazole, obat jamur topikal (krim) itrakonazol, obat jamur oral atau minum flukonazol, obat jamur oral atau minum.

Obat antijamur oral dapat menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan, seperti sakit perut dan sakit kepala. Oleh sebab itu, apabila Anda mengalami efek samping ini, pastikan untuk membicarakannya dengan dokter agar diberikan solusi yang tepat.

Mencegah Jamur Kulit

Kebersihan diri yang baik adalah kunci utama dalam mencegah setiap infeksi jamur pada kulit. Hal itu bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Rajin mencuci tangan

  • Menjaga kulit tetap bersih dan kering, terutama daerah sekitar pangkal paha dan lipatan tubuh lainnya.

  • Cuci daerah lipatan secara teratur dengan sabun dan keringkan daerah secara menyeluruh setelah mandi.

  • Menggunakan bedak bayi di sekitar pangkal paha juga dapat membantu mencegah kelembaban yang berlebihan.

  • Hindari pakaian ketat, karena dapat menggesek atau mengiritasi kulit.

  • Lebih baik mengenakan celana dalam tipe boxer bukan celana segitiga.

  • Gunakanlah pakaian longgar pada cuaca panas atau lembab. Pakaian longgar dapat mencegah berkeringat dan gerah.

  • Pastikan mencuci baju olahraga atau pendukung atletik setelah digunakan.

  • Jangan lupa untuk mengobati infeksi jamur lainnya selain di selangkangan, misalnya saja kutu air, karena hal ini bisa menular ketika Anda menyentuh atau menggaruknya kemudian menyentuh kulit lainnnya tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Sumber : Ciri-Ciri Jamur di Selangkangan dan Cara Mengobati - Mediskus