Bagaimana cara mengatasi iritasi gusi?

Iritasi Gusi atau Gingivitis adalah suatu proses inflamasi yang mengenai jaringan lunak yang mengelilingi gigi tanpa adanya kehilangan perlekatan epitel penyatu sehingga perlekatannya belum mengalami perubahan.

Setelah mengetahui bagaimana cara mencegah iritasi pada gusi, ada baiknya sobat semua harus mengetahui cara mengatasi iritasi gusi tersebut ya sobat. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Kompres Dengan Batu Es
    Cara yang pertama untuk mengatasi iritasi pada gusi adalah dengan menggunakan es batu sebagai alat untuk mengompres bagian luar dari gusi anda yang terkena iritasi. Bisa juga mengompres dengan menggunakan air hangat dan tempelkan di bagian luar dari gusi anda yang terkena iritasi tersebut.Tempelkanlah kompresan tersebut beberapa waktu agar terasa pada bagian gusi yang iritasi tersebut. Selain itu ternyata cara menyembuhkan sakit gigi dengan es batu juga sering dilakukan sobat. Anda wajib mencobanya ya di rumah.

  • Menggunakan Obat Medis
    Cara yang kedua adalah dengan menggunakan obat medis. Agar iritasi pada gusi anda tidak berlanjut, maka ada baiknya sobat semua mengunjungi dokter gigi agar diberikan obat penghilang iritasi tersebut. Karena jika dibiarkan akan berakibat fatal sobat.
    Radang gusi atau gingivitis adalah bentuk yang sangat umum dan ringan dari penyakit gusi. Radang gusi pada dasarnya adalah infeksi ringan pada gusi. Siapapun bisa mengembangkan gingivitis dan bahkan banyak orang tidak menyadari bahwa mereka mengalaminya. Beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko radang gusi adalah merokok berlebihan, penggunaan tembakau, usia, diabetes, obat-obatan tertentu, gigi berlubang, restorasi gigi tiruan yang rusak, tambalan yang rusak, kehamilan, genetika, masalah kekebalan, mulut kering dan pola makan yang buruk.

sumber: https://sehatly.com/3223