Bagaimana cara mengatasi ikan Lele yang mati mendadak karena sakit atau stres ?

ikan lele mati mendadak

Lele yang mendadak mati 1-5 ekor masih dapat dibilang wajar dari 1000 ekor lele yang ada, tetapi bagaimana jika hal ini terjadi setiap hari dan angka kematian pada ikan semakin meningkat maka dapat menimbulkan kerugian yang besar. Bagaimana cara mengatasi ikanLele yang mati mendadak karena sakit atau stres ?

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan apabila terdapat kematian mendadak pada ikan lele anda,

  1. Jika lele mati dalam 1 hari sampai 5 ekor /1000 ekor lakukan pengawasan dan pemantauan pada kolam maupun pada ikan lelenya, ini penyakit apa memang persaingan antar lele karena jelas lele adalah ikan yang kanibal sekenyang apapun jika ada aroma yang disuka pasti diserang.

  2. Setelah hari berikutnya pantau lagi ,jika ada yang mati lebih banyak dan tidak ada tanda tanda kanibal lele bisa ini disebabkan karena bakteri maupun virus,ada beberapa ciri 2 jika air sudah terkena penyakit adalah berbau menyengat walaupun habis kita ganti air dan disela sela lele mati masih ada lele yang mengambang karena sakit,biasanya seperti itu.

  3. Jika sudah terdekteksi disebabkan karena penyakit langsung lakukan pengobatan dengan obat obat yang terjual dipasaran pembasmi jamur,bakteri dan virus walaupun ini tidak 100% membebaskan penyakit paling tidak kita dapat mengantisipasi kematian massal.

  4. Dalam melakukan pengobatan pada lele anda harus percayakan satu produk dulu jangan ada omongan orang suruh obat ini ganti obat,nanti yang bisa menyimpulkan obat paling cocok untuk budidaya lele anda itu ya anda sendiri bukan orang lain karena ada faktor yang kadang tidak disadari dan diketahui aplikasi pada suatu kolam berbeda tempat itu juga akan berbeda, jadi lakukan penemuan anda sendiri.

  5. Sebelum melakukan pengobatan alangkah baiknya air diganti 30% dari air sebelumnya dan diganti dengan air baru agar bau air berkurang dan pengobatan bisa maksimal hasilnya.karena dalam pengobatan lele ini nanti memmang ada dua cara yaitu dengan dicampur pada pakan dan disiramkan pada air atau dengan metode penyiraman pada kolam.