Bagaimana cara mengatasi ikan koki berenang terbalik ?

ikan koki

Salah satu permasalahan yang kadang muncul ketika memelihara ikan koki adalah ikan peliharaan kita berenang/mengambang terbalik di permukaan air. Bagaimana cara mengatasi ikan koki berenang terbalik ?

Cara yang paling sederhana untuk mengatasi masalah perut kembung adalah dengan mempuasakan ikan koki selama 1-3 hari hingga ikan sembuh. Puasa ini akan membatasi suplai makanan dalam pencernaan sehingga produksi gas oleh bakteri dapat ditekan. Puasa juga akan membuat kondisi fisiologis koki menjadi lebih baik karena kadar racun dalam jaringan tubuhnya dapat berkurang. Bila telah berenang dengan normal, ikan koki dapat diberi makan lagi seperti biasanya.

Cara kedua yang dapat dilaukan adalah dengan memberi makan ikan koki tersebut dengan kacang polong. Apabila kacang polong sulit diperoleh dapat diganti dengan biji kacang kapri. Kacang-kacangan yang berkulit memiliki kandungan serat yang tinggi dan baik untuk pencernaan ikan. Sebaiknya dipilih kacang polong yang berukuran kecil sehingga dapat dengan mudah dimakan oleh ikan. Ikan koki merupakan hewan omnivora, mereka memakan semua jenis makanan yang diberikan, jadi kacang polong yang ditebar akan segera dilahap oleh ikan ini.

Sumber:

Gejala

Maskoki tidak dapat mempertahankan posisi tubuhnya dengan normal di dalam air, mungkin sedikit condong pada salah satu sisi, berenang naik-turun, kesulitan untuk berenang ke dasar kolam. Maskoki mulai terlihat malas bergerak dan tidak agresif mencari makanan; namun jika diberi pakan, Maskoki masih mau makan seperti biasanya.

Penyebab

Gelembung renang adalah organ dalam Maskoki yang berisi udara yang berfungsi sebagai alat penyeimbang tubuh saat bergerak maupun pada saat berenang naik-turun di dalam air. Apabila gelembung udara ini terhimpit, maka fungsi organ ini akan mengalami gangguan sehingga menyebabkan Maskoki kehilangan keseimbangan tubuhnya.

Penyebabnya biasanya adalah karena ketidak-sempurnaan bentuk organ fisik Maskoki. Penyebab lainnya adalah karena sembelit – yang juga bisa menyebabkan gelembung renang terhimpit – meneguk udara ataupun terlalu banyak mengkonsumsi pakan, terutama jenis pakan kering (seperti pellet). Infeksi bakteri atau parasit juga bisa termasuk sebagai salah satu penyebab munculnya penyakit ini. Selain itu, impaksi sel telur pada Maskoki betina juga bisa jadi salah satu penyebabnya.

Pengobatan

Pertama-tama, puasakan Maskoki selama 2-3 hari kemudian berilah kacang polong yang sudah direbus atau dikukus secukupnya. Jika hal ini masih kurang efektif, naikkan suhu air sampai pada sekitar 30o C, serta berikan Garam Epsom (sebanyak 8 sendok the untuk setiap 5 galon air). Jika masih saja kurang efektif, berilah pakan yang mengandung obat atau antibiotic spektrum luas (disarankan Medigold atau MetroMed atau Maracyn 1 dan 2).

Jika masih juga kurang efektif, cobalah mengobati Maskoki dengan metode perawatan untuk penyakit parasit. Jika belum cukup efektif, mintalah dokter hewan untuk melakukan metode X-Ray guna memeriksa kondisi organ gelembung renang Maskoki tersebut.

Untuk Maskoki yang terlihat sering berdiam di dasar kolam, cobalah kurangi volume air kolam menjadi setengahnya untuk mereduksi tekanan air yang dialami Maskoki tersebut. Untuk Maskoki yang terlihat sering mengambang di permukaan air, kurangi filter saat ini bila Maskoki terlihat “pasrah”; dan cobalah beri tanaman yang mengambang di permukaan air sehingga menyediakan beberapa area pendukung bagi Maskoki. Jika bagian perut atau punggung Maskoki mencuat ke atas permukaan air, lapiskan bagian tubuh tersebut dengan petroleum jelly untuk mencegah tubuh Maskoki sakit karena kekeringan (karena tidak terkena air dalam waktu lama).

Harap diperharikan bahwa kadangkala penyakit berenang terbalik ini mustahil untuk disembuhkan. Jika Maskoki memang stress dan tidak mampu ataupun tidak mau makan, maka euthanasia merupakan jalan terbaik untuk hal ini. Kebanyakan Maskoki yang terserang penyakit berenang terbalik ini menderita dalam jangka waktu yang cukup lama; meskipun Maskoki terlihat sudah bisa bergerak naik-turun, namun sebenarnya Maskoki itu hanya bisa bertahan sebentar saja.

Pencegahan

Garam dan metode pengobatan memegang peranan penting dalam masa perawatan ini, oleh karena itu kita perlu mengawasi kualitas air selama masa pengobatan. Kurangi jumlah pakan merupakan salah satu pencegahan yang baik dalam kasus ini. Untuk ikan yang sakit, sebaiknya diobati di tempat karantina tersendiri. Meskipun Maskoki sudah disembuhkan dari gangguan berenang terbalik, namun penyakit ini bisa muncul kembali sewaktu-waktu. Oleh karena itu, kurangi jumlah pakan kering seperti pellet. Selain itu, adalah lebih baik memberikan pellet jenis tenggelam daripada pellet jenis terapung. Pertahankan suhu air sekitar 22o – 25o C. Jika tempratur air berkisar 30o C, pastikan oksigen suplai mencukupi di dalam air.

Sumber : NevadaGoldfish.com is for sale | HugeDomains