Bagaimana cara mengatasi hipogonadisme?

Hipogonadisme adalah suatu kondisi ketika hormon seksual yang dihasilkan oleh kelenjar seksual berada dibawah jumlah normal. Bagaimana cara mengatasi penyakit ini?

Pengobatan
Pada pria, penanganan hipogonadisme umumnya dilakukan melalui terapi penggantian testosteron (TRT) dengan cara memasukkan testosteron buatan ke dalam tubuh untuk menutupi kekurangan hormon tersebut. Testosteron buatan bisa diberikan dalam bentuk suntik, tablet, gel, atau koyo.
Selain dengan TRT, pengobatan hipogonadisme bisa dilakukan dengan penyuntikan hormon pelepas gonadotropin pada remaja yang mengalami keterlambatan pubertas atau pada pria dewasa yang mengalami penurunan produksi sperma.

Pada wanita, penanganan hipogonadisme umumnya dilakukan melalui pemberian hormon estrogen buatan dalam bentuk suntik, pil, atau koyo. Namun metode pengobatan ini berisiko memicu terjadinya kanker endometrial. Untuk menghindari hal tersebut, biasanya pemberian estrogen akan dikombinasikan dengan progesteron.

Pada wanita yang sulit hamil, dokter biasanya akan melakukan pengobatan yang bertujuan memicu ovulasi melalui pemberian pil yang mengandung hormon follicle-stimulating (FSH) atau penyuntikan hormon human choriogonadotropin (hCG). Kedua metode pengobatan ini juga bisa diterapkan pada penderita hipogonadisme yang mengalami gangguan siklus menstruasi. Sedangkan pada wanita yang merasakan gejala penurunan gairah seksual, dokter biasanya akan melakukan terapi pemberian testosteron dalam dosis rendah.