Bagaimana cara mengatasi gusi gatal di rumah pakai cara alami?

Gusi gatal bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari alergi, mulut kering, hingga perubahan hormon selama wanita hamil atau menopause.

1. Menjaga kebersihan gigi

Menyikat dan membersihkan gigi dua kali sehari sangat penting bagi kesehatan mulut yang baik. Anda juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan pasta gigi yang dirancang untuk mencegah pembentukan plak. Jika Anda memiliki masalah dengan infeksi atau peradangan pada gusi, membersihkan gigi dengan obat kumur antiseptik bebas alkohol juga bisa dilakukan.

2. Es batu

Kompres perlahan es batu untuk mendinginkan gusi dan menghentikan gatalnya. Anda juga bisa mengulum sebongkah es batu, dan biarkan meleleh dalam mulut sampai rasa gatal hilang. Sebagai bonus, es batu bisa membantu menghidrasi Anda.

3. Minum suplemen vitamin C

Vitamin C memiliki komponen antibiotik alami yang dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi. Asupan harian Vitamin C 1000 miligram dipercaya dapat membantu mencegah radang gusi.

4. Kumur air garam

Larutkan 1 sendok teh garam dalam 250 ml air hangat suam kuku. Kumur dan kulum air garam dengan lembut di sekitar mulut Anda, dan buang air kumuran. Air asin bisa meredakan gatal dan iritasi pada gusi.

5. Pasta baking soda

Larutkan baking soda dengan air dalam mangkuk untuk membuat pasta lembut, lalu oleskan ke gusi Anda. Baking soda dapat mengatasi segala jenis infeksi bakteri yang menyebabkan gusi Anda mengiritasi.

6. Sikat gigi dengan kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, yang memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan. Kurkumin dapat secara efektif mengurangi plak, nyeri, pembengkakan dan rasa gatal pada gusi. Plus, gosok gigi pakai kunyit bisa mengurangi aktivitas bakteri untuk mencegah infeksi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Indian Society of Periodontology menemukan bahwa sifat anti-plak, antiperadangan, dan anti-mikroba dari kunyit untuk mencegah radang gusi sebanding dengan obat kumur chlorexidine.
Buatlah pasta dari 1 sdt bubuk kunyit dan sejumput air, colek pasta tersebut dengan sikat gigi bulu lembut dan sikat gigi Anda dengan pasta kunyit. Lakukan ini dua kali sehari

7. Oles gel lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang sangat efektif melawan radang gusi penyebab gusi gatal. Hal itu bisa mencegah penumpukan bakteri penyebab plak yang mengarah ke radang gusi. Plus, lidah buaya bisa meringankan rasa sakit dan menenangkan gigi dan gusi yang meradang.

Colek gel lidah buaya, langsung dari tanaman segarnya maupun gel organik yang tersedia di botolan, kemudian oleskan di gusi. Biarkan satu menit, jangan langsung berkumur atau minum air. Jika dirasa terlalu pahit, larutkan gel dengan sejumput air dan tekan-tekan perlahan langsung pada gusi gatal Anda untuk solusi kilat.

8. Perubahan gaya hidup

Merokok dapat mengganggu kesehatan gusi Anda. Dengan Anda berhenti merokok, Anda bisa membuat gusi gatal berhenti. Termasuk berhenti dari rokok elektrik dan vaping. Menghindari makanan yang mengganggu gusi Anda juga bisa membantu, seperti makanan pedas, asam, tepung, atau makanan manis adalah penyebab paling umum dari iritasi gusi.

Tapi jika keluhan gusi gatal terus berlanjut tanpa ada tanda-tanda membaik, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter gigi untuk mencari tahu penyebab dan pengobatannya yang tepat. Pasalnya, gusi gatal bisa menandakan masalah gusi dan infeksi gigi yang lebih serius.

Sumber : Gusi Gatal: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya - Hello Sehat