Bagaimana cara mengatasi gigi gingsul yang bertumpuk?

Memiliki gigi gingsul bisa jadi menjadi hal yang selalu diidamkan banyak orang. Dengan adanya gigi gingsul ini memang membuat penampilan dan senyum kita jadi lebih indah dan cantik. Tapi ternyata kenyataannya tidak semua gigi gingsul mampu membuat hal yang diharapkan tersebut. terutama jika ada gigi gingsul yang bertumpuk, bagaimana cara mengatasinya?

Gigi gingsul menumpuk adalah gejala menyimpang dari pertumbuhan gigi yang normal atau seharusnnya. Maka dari itu ketika muncul gigi gingsul yang menumpuk ini Anda perlu melakukan perawatan agar penampilan dan senyum Anda kembali mempesona. Tapi bagaimana cara melakukan perawatan gigi gingsul yang menumpuk ini?

Pilihan perawatan gigi gingsung menumpuk yang nampak tidak rapi ini adalah dengan pemakaian atau pemasangan kawat gigi. Perawatan dengan menggunakan kawat gigi atau yang disebut juga dengan istilah ortodonti memang bertujuan guna memperbaiki susunan gigi, memperbaiki pengunyahan dan juga memperbaiki pelafalan kata yang salah. Untuk melakukan perawatan ortodonti ini dikenal penggunaan dua jenis alat yaitu kawat gigi lepasan dan cekat. Apa bedanya? Bedanya adalah perawatan kawat gigi lepasan dilakukan untuk ketidakteraturan gigi yang ringan, misalnya gigi renggang. Sementara itu perawatan kawat gigi cekat adalah dilakukan untuk kasus yang lebih berat seperti gigi berjejal yang cukup parah, termasuk untuk menata gigi gingsul yang menumpuk.

Kawat gigi atau alat ortodonti sendiri sudah bisa dipakai olah anak usia 7 tahun. Dan satu hal yang perlu Anda pahami bahwa yang hanya bisa melakukan perawatan ortodonti, terutama dalam kasus yang berat ini adalah dokter gigi. Sementara itu dokter umum hanya bisa melakukannya pada kasus perawatan ortodonti yang ringan. Perawatan ortodonti sendiri akan dilakukan dokter gigi dengan sebuah permulaan diagnosa melalui serangkaian pemeriksaan klinis dan radiografis. Setelah itu akan dilakukan analisis model gigi dan radiografis. Dan tahap berikutnya setelah analisis yaitu penentuan rencana perawatan.

Dengan melakukan perawatan ortodonti ini maka gigi gingsul yang menumpuk ini akan bisa kembali terlihat rapi. Satu catatan yang menjadi syarat kesuksesan perawatan ortodonti pada gigi gingsul menumpuk adalah pasien tidak boleh menggunakan retainer sebelum dokter yang menyuruhnya. Pemakaian retainer ini sendiri dilakukan untuk mempertahankan posisi gigi yang sudah baik agar tidak lagi kembali ke posisi yang sebelumnya (relaps). Untuk kembali ke kondisi yang sudah baik atau rapi, gigi yang telah dirawat secara ortodonti ini memang membutuhkan waktu. Nah satu-satunya orang yang persis dan paham mengetahui bahwa gigi Anda sudah dalam keadaan baik dan siap menggunakan retainer ini adalah dokter gigi.