Bagaimana cara mengatasi Generalized Anxiety Disorder?

gangguan kecemasan

Generalized Anxiety Disorder merupakan kondisi kecemasan yang tidak jelas apa yang menjadi sumber kecemasan itu sendiri. Penderita GAD menganggap kekhawatiran yang mereka rasakan cenderung sebagai suatu hal yang sulit dikendalikan.

1 Like

Cara mengatasi generalized Anxiety disoder antara lain :

  • Cari pertolongan! Jangan biarkan kondisi diri Anda seperti ini terus. Sedini mungkin, cari pertolongan pada tenaga ahli. Jangan defensif dan menganggap bahwa diri Anda baik-baik saja.

  • Atur rutinitas Anda. Pastikan Anda bisa mengatur rutinitas harian, bukan hanya jadwal aktivitas tetapi juga waktu untuk mengistirahatkan diri, secara fisik dan batin.

  • Prioritaskan hidup Anda lebih dulu. Hidup Anda berarti bagi Anda sendiri, jaga agar Anda memiliki hidup yang berkualitas.

  • Hindari konsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang. Jangan memperparah kondisi diri dengan kebiasaan tidak sehat. Alkohol dan narkotika bukan jalan keluar, bahkan tidak membantu Anda menyelesaikan masalah sama sekali.

Teknik menurunkan atau mengurangi ansietas telah banyak dijelaskan oleh berbabagai ahli psikososial tergantung dari tingkat ansietas yang dialami oleh klien, mulai dari ansietas ringan, ansietas sedang, ansietas berat sampai panik. Tindakan keperawatan yang dapat dilakukan untuk klien dengan masalah ansietas, yaitu :

  1. Hipnotis diri sendiri, yaitu dengan latihan 5 jari (Stuart, 2007)

  2. Teknik relaksasi untuk mengontrol ketegangan otot (National Mental Health Information, 2001)

  3. Terapi Kognitif ( Cognitive Therapy )

Merupakan terapi yang didasarkan pada keyakinan klien dalam kesalahan berfikir (Varcarolis, 2008).Selama proses restruksturisasi pikiran, terapis membantu klien untuk mengidentifikasi pikiran otomatis yang membuat stress dan menyebabkan ansietas, menggali pikiran tersebut, mengevaluasi kembali situasi yang realistis dan menggantinya dengan ide-ide yang membangun.

  1. Terapi Perilaku (Behavioral Therapy)

Videbeck (2008) menyatakan bahwa terapi perilaku dipandang efektif daam mengatasi gangguan ansietas, terutama jika dikombinasikan dengan farmakoterapi. Berbagai jenis teknik terapi perilaku digunakan sebagai pembelajaran dan praktek secara langsung dalam upaya menurunkan atau mengatasi ansietas. Beberapa jenis terapi yang termasuk dalam terapi perilaku adalah thought stopping, relaxation training, modelling, systemic desensitization, flooding, response prevention.

  1. Thought stopping

Merupakan bagian dari terapi perilaku (Videbeck, 2008). Stuart dan Laraia (2001) menjelaskan thought stopping sebagai suatu proses menghentikan pikiran yang tinggal dan mengganggu. Thought stopping (penghentian pikiran) merupakan salah satu contoh dari teknik psikoterapi kognitif behavior yang dapat digunakan untuk membantu klien mengubah proses berpikir (Tang & DeRubeis, 1999).

  1. CBT (Cognitive-Behavioral Therapy)

Terapi ini merupakan kombinasi terapi kognitif dan terapi perilaku yang dilakukan untuk mengurangi ansietas (Varcarolis, 2006). Hasil penelitian Mark, dkk (2000), CBT menunjukkan hasil yang efektif dalam mengatasi gangguan ansietas selain terapi interpersonal dan psikodinamik.

  1. Logoterapi

Terapi ini berfokus pada masalah-masalah hidup yang berkaitan dengan kebebasan, ketidakberdayaan, kehilangan, isolasi, kesepian, ansietas dan kematian (Issacs, 2005). Melalui logoterapi klien menemukan makna dari keberadaannya sendiri.

  1. Psikoedukasi Keluarga

Family Psychoeducation Therapy adalah salah satu elemen program perawatan kesehatan jiwa keluarga dengan cara pemberian informasi, edukasi melalui komunikasi terapeutik (Stuart & Laraia, 2005). Program psikoedukasi merupakan pendekatan yang bersifat edukasi dan pragmatik.