Bagaimana cara mengatasi frustasi dalam psikologi ?

Frustasi mungkin terdengar menakutkan, dan memiliki konotasi yang sangat mendalam. Frustasi sebenarnya mengacu pada reaksi subyektif terhadap blocking atau penghalang tingkah atau motivasi yang penting sehingga mengakibatkan terganggunya penyesuaian diri. Jika seseorang atau anda mengalami frustasi bagaimana cara tepat mengatasinya ?

Beberapa cara mengatasi frustasi dalam psikologi yaitu :

  1. Seimbangkan Batin
    Ketika anda sedang mengalami frustasi, maka anda harus mencegah terjadinya permasalahan baru. Bagaimana caranya ? anda harus menjernihkan pikiran dan juga menyeimbangkan batin. anda harus mencegah kemungkinan terjadinya pertentangan batin yang mungkin merisaukan diri seumur hidup, misalnya salah memilih atau menentukan keputusan yang harus anda ambil. Karena itu batin harus diseimbangkan atau diselaraskan agar bisa tetap tegak.

  2. Kendalikan Kekecewaan
    Terkadang manusia memiliki ekspektasi yang tinggi. Jika membicarakan mengenai sukses, memang sukses itu membutuhkan rasa optimis. Namun jika anda ingin menjadi orang sukses anda pasti melewati yang namanya rasa frustasi, gelisah, jengkel, dan berbagai kekecewaan yang lain. Karena dalam hidup semua kekecewaan itu tidak bisa dihindari. Jika anda kecewa saja tidak bisa dihadapi dan sudah frustasi bagaimana permasalahan lainnya? jelas anda tidak akan pernah menapaki kesuksesan bukan.

  3. Pengendalian waktu yang baik
    Jika anda ingin sukses tentu anda harus memiliki kesadaran yang tinggi, termasuk dalam mengatur waktu. Seringkali seseorang merasa frustasi bukan karena masalah namun karena banyaknya pekerjaan dan tidak bisa ditangani dengan baik. Sehingga pengendalian waktu mungkin bisa membantu anda keluar dari rasa frustasi.

  4. Mental Sehat
    Sukses adalah persoalan mental, dimana seseorang seringkali merasa bahwa ia siap sukses namun tidak siap gagal. Nah jika seperti ini maka akan banyak orang yang mau usaha namun tidak siap menerima hasilnya. Mental yang sehat menjadikan seseorang bisa menghadapi berbagai masalah dan akhirnya tidak mengalami frustasi.

  5. Kembangkan Daya Berpikir
    Seseorang harus mengembangkan daya pikir yang kreatif dengan berlandaskan tujuan hidup yang telah anda tetapkan sebelumnya. Anda harus ingat bahwa hidup memang seperti roller coster dimana akan ada turun dan naik permasalahan dan kebahagiaan. Coba lihat dari berbagai sisi jangan dari satu sisi saja, sehingga anda tidak akan menemukan kata frustasi dan permasalahan dalam batin sendiri.

  6. Mencatat Kemajuan Diri
    Kadang-kadang kita merasa bahwa hal-hal bergerak cukup lambat, atau mungkin salah atau mungkin anda tidak berguna untuk hidup dan tidak menghasilkan apa-apa. Nah bisa jadi itu hanya perasaan anda saja, dimana anda mungkin sebenarnya berhasil mencapai banyak target namun tidak terasa karena jalannya waktu yang lambat. Lakukan check list dan lihat bagaimana perkembangan anda atau target hidup anda apakah tercapai atau tidak.

  7. Berhenti Menyalahkan Diri
    Anda menyesal, salah atau mungkin baru menyadari apa yang anda lakukan merupakan hal yang benar-benar tidak anda harapkan. seringkali manusia seperti itu dan hal ini menjadikan kita sebagai seseorang yang penuh penyesalan. Mungkin penyebab frustasi anda adalah sesuatu dari perbuatan anda sendiri. Wajar jika seorang manusia mengalami hal yang mungkin salah dan tidak sesuai keinginan namun jangan menyalahkan diri sendiri akan hal itu yang ada anda tidak akan berubah dan berkembang.

Berikut ini beberapa alternative yang tepat untuk mengatasi dan menghilangkan rasa frustasi yang sedang anda alami, antara lain sebagai berikut :

  1. Ubah Pola Pikir Anda
    Yaitu anggaplah masalah sebagai tantangan yang mesti anda hadapi bukan beban. Anggapanlah masalah anda adalah anak tangga yang menuntun anda menuju kekuatan besar anda. Jangan menutup diri anda karena masalah, tapi berbuka lah terhadap teman -teman maupun keluarga anda.

  2. Singkirkan Prasangka Buruk Anda.
    Ketika anda menghadapi persoalan -persoalan tinggalkan prasangka yang mengecohkan anda. Semua prasangka buruk itu pada dasarnya akan menyesatkan diri anda. Prasangka itu hanya sebagai kulit luar makanan yang tidak dimakan. Jadi, jauhkan diri anda dari prasangka –prasangka buruk dan fokuskan diri anda pada masalah yang sesungguhnya.

  3. Tinggalkan Beban Berat Anda Sejenak dan Lakukan Hal Bermanfaat.
    Bagaimana cara meninggalkan beban berat yang sedang anda pikul? apa yang harus dilakukan ? mudah sekali, misalnya dengan melakukan hoby anda, seperti : bagi anda yang menyukai menulis, silahkan lampiaskan semua unek -unek atau kekesalan anda dalam tulisan, bagi anda yang menyukai bermain, berlatihlah sekuat tenaga anda pada saat anda frustasi. Bagi anda yang menyenangi perancangan (programmer, grafis,database) silahkan buat program yang paling bagus pada saat frustasi dll. Setelah frustasi lewat anda mendapatkan hasil yang membangun bagi diri anda, dapat berupa bentuk nyata(tulisan anda,program) atau bentuk semangat lain(saat bermain). Semuanya akan menjadikan anda jauh lebih baik lagi.

  4. Rasakan Dengan Hati Anda
    Dengan hasil yang begitu jauh anda lakukan tersebut, tersenyumlah sejenak untuk mengakhiri penyakit mematikan anda. Jangan lagi berpikir aneh - aneh lagi, rasakan semua yang berubah dalam diri anda dan bersyukurlah, karena hingga saat ini anda tetap bersemangat dan terus bersemangat untuk hadapi segala macam frustasi yang menghampiri anda.

  5. Melakukan Terapi dengan Technologi Brainwave
    Selain melakukan hal-hal yang telah dianjurkan diatas, anda juga dianjurkan untuk melakukan terapi dengan technologi brainwave melalui terapi gelombang otak. Terapi tersebut yaitu Terapi Binaural Beats Frustation yang akan membantu Anda untu menghilangkan frustasi yang sedang Anda alami.

Selain itu, anda dapat melakukan beberap hal berikut ini untuk mengatasi rasa frustasi yang Anda alami :

  1. Selalu Memandang Masalah dari sudut pandang yang positif
  2. Munculkan ide-ide kreatif yang bisa membuat anda lebih optimis
  3. Refreshing ke tempat yang menarik
  4. Banyak bersosialisasi
  5. Terapi diri sendiri atau self hypnosis
  6. Mendengarkan musik rileksasi
  7. Selalu bersyukur dengan nikmat Tuhan