Bagaimana cara mengatasi dan mengobati penyakit dropsy pada ikan cupang ?

Dropsy merupakan sebutan untuk gejala dari suatu penyakit, dan bukan merupakan suatu penyakit. Akan tetapi, sebagian besar masyarakat pencinta ikan cupang mengenal Dropsy sebagai suatu penyakit. Dropsy sendiri ditandai dengan menggembungnya bagian perut ikan dan sisik-sisik ikan yang terangkat dikarenakana tertahannya cairan dalam tubuh ikan cupang.

Bagaimana cara mengatasi dan mengobati penyakit dropsy pada ikan cupang ?

Berikut ada beberapa cara dan tips untuk mengatasi dan mengobati penyakit Dropsy pada ikan cupang, yaitu :

  1. Sediakan obat khusus yang akan kalian gunakan untuk penyembuhan Dropsy ini. Kalian bisa membeli obat tetra chlor, lukastop, dan methyl blue. Untuk tetra chlor kalian dapat membelinya di took burung/ayam. Sementara, untuk merk lukastop dan methyl blue bisa kalian dapatkan di toko ikan sekitar rumah kalian.
  2. Caranya, masukkan ikan cupang tersebut kedalam sebuah wadah/akuarium yang berisi kurang lebih 1 liter air.
  3. Setelah itu, masukkan tetra chlor sebanyak 1 butir saja. Kemudian, diamkan saja selama 2-3 hari. Setelah didiamkan, maka air tersebut akan berubah warna menjadi coklat pekat.
  4. Kemudian, kalian dapat mengganti air tersebut (sebanyak 1 liter juga), diikuti dengan pemberian garam ikan secukupnya, ditambah dengan 3 tetes obat “luka stop” dan 3 tetes methyl blue ke dalam air tersebut.
  5. Biarkan selama kurang lebih 1-2 hari, dan kalian bisa lihat perkembangannya. Jika ikan cupang sudah terlihat mulai lincah dan tidak murung lagi, maka hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan.
  6. Lalu, ganti air tersebut menjadi air normal ditambah dengan sedikit garam. Kalian juga dapat menggunakan air ketapang (akan tetapi lebih mudah air ditambah garam, tergantung kebutuhan dan keinginan saja)
  7. Terakhir, kalian dapat memberikan makan ikan cupang kalian sedikit demi sedikit saja sampai ikan cupang kalian benar-benar sembuh dari penyakit Dropsy tersebut