Bagaimana cara mengatasi burung cendet yang gemar melantai ?

burung

(amrta ageng subarkah) #1

Burung Cendet

Burung Cendet ( Lanius christatus ), adalah spesies burung dari keluarga Laniidae, dari genus Lanius. Burung ini merupakan jenis burung pemakan belalang, kumbang, tonggeret, serangga besa dan memiliki habitat di daerah terbuka, padang rumput, perkebunan, tegalan. tersebar sampai ketinggian 1.600 m dpl. Bagaimana cara mengatasi burung cendet yang gemar melantai ?


(Aditya Reza Firdaus) #2

Mengatasi burung cendet yang gemar melantai dapat dilakukan melalui beberapa pola rawatan sebagai berikut:

  • Jika perilaku tersebut muncul akibat pemberian pakan tambahan / EF yang berlebihan, sehingga burung over birahi, maka solusi terbaik adalah mengurangi EF terutama jangkrik. Anda juga harus mulai merutinkan terapi mandi malam dan pengembunan.

  • Jika masalah tersebut disebabkan burung kurang fit, maka berikan EF yang lebih bervariasi, khususnya serangga seperti jangkrik, ulat bambu, belalang, dan sejenisnya. Selain itu, berikan multivitamin seperti BirdVit yang dapat membantu mempercepat proses pemulihannya.

  • Jika kebiasaan melantai ini akibat burung terlalu manja, tentu membutuhkan penanganan ekstra. Selain itu juga dibutuhkan pengamatan untuk mengetahui perkembangan dari perilakunya.

  • Cobalah memberikan EF dalam jumlah lebih banyak secara bertahap. Setelah itu amati perilakunya. Jika terdapat perbaikan penampilan, maka setelan itulah yang digunakan.

  • Lakukan hal yang sama pada waktu burung akan dilatih dengan cendet lain. Pengamatan ini juga dibutuhkan, terutama untuk menyiapkannya ke arena lomba.