Bagaimana cara mengatasi Bruxism?

06-BERBAGI 10

Pernahkah melihat seseorang tidur dengan mengkertakkan gigi, sehingga terdengar seperti bunyi mengerat? Kondisi ini disebut sebagai bruxism dan clenching. Anak-anak maupun orang dewasa bisa mengalaminya, namun sering tidak sadar. Biasanya kebiasaan ini dilakukan pada saat tidur di malam hari, dan penderita tidak tahu karena hanya orang disekelilingnya yang dengar. bagaimana cara mengatasi bruxism?

Untuk mengatasi bruxism, biasanya dokter gigi akan merekomendasikan untuk menggunakan dua cara, seperti:

  • Menggunakan Splin atau Mouth Guards
    Alat ini dibuat untuk memisahkan rahang atas dan rahang bawah untuk menghindari kerusakan pada gigi akibat kebiasaan menggemeretakkan gigi. Alat ini bisa dibentuk sesuai ukuran rahang, bahannya terbuat dari akrilik atau bahan-bahan lembut yang bisa muat di atas atau bawah gigi.

  • Koreksi dental
    Memperbaiki gigi yang tidak simetris biasanya dapat membantu Moms mengatasi bruxism. Dalam beberapa kasus, bila Moms merasa gigi menjadi lebih sensitif dan tidak bisa mengunyah secara sempurna, dokter akan memperbaiki permukaan atas gigi. Maka, dengan dua cara ini akan mengurangi efek dari bruxism yang lebih parah.

Ada banyak masalah pada gigi yang tidak pernah kita sadari, maka dari sekarang mulailah beri perhatian lebih pada kesehatan mulut dan gigi.