Bagaimana cara mengatasi bruntusan?

Banyak sekali wanita ingin memiliki wajah yang mulus dan cantik,tapi ada kendala yakni sering terjadinya bruntusan pada wajah mereka.mengapa bruntusan itu bisa terjadi?

1. Menggunakan Cuka Sari Apel
Bila cuka sari apel biasanya dikonsumsi untuk menurunkan gejala kolesterol atau memperlebar pembuluh darah yang mengalami penyempitan, kali ini Anda bisa menggunakannya sebagai penghilang bruntusan. Apakah baik-baik saja kalau digunakan untuk kulit? Untungnya, cuka sari apel mentah dan organik memberikan efek penenang pada rasa gatal dan zat asam asetatnya akan membasmi infeksi kulit.

Caranya: Sediakan cuka sari apel secukupnya, lalu ambil kapas lembut untuk Anda celupkan ke dalamnya. Setelah itu, kapas yang sudah dicelupkan tadi bisa Anda oles atau kompreskan ke area kulit wajah yang terkena bruntusan. Tunggu beberapa menit sebelum kemudian kapas Anda angkat; lakukan perawatan ini sehari 2-3 kali karena pasti dalam beberapa hari bruntusan akan berkurang dan mulai bersih.
Karena cuka sari apel tidak selalu cocok untuk semua jenis kulit, terkadang bahan ini justru mampu memicu iritasi. Untuk lebih amannya, Anda bisa campurkan cuka sari apel dengan sedikit air sebelum diterapkan ke kulit. Cobalah obat alami lainnya bila iritasi berlanjut.

2. Kompres Dingin
Bruntusan di wajah atau yang disebut juga dengan ruam bisa juga dipicu oleh suhu panas dan gigitan serangga, jadi berpotensi meradang, membengkak dan gatal. Jadi, untuk mengurangi bruntusan dan juga menghilangkannya secara bertahap, silakan menggunakan kompres dingin.

Caranya: Sediakan kantong plastik, masukkan es batu ke dalamnya, lalu tutuplah. Letakkanlah di area kulit wajah yang terkena bruntusan. Tahan selama beberapa menit untuk proses mengompres tersebut, ulangi beberapa kali dalam sehari. Atau, bisa juga Anda menyiapkan sebuah kain untuk direndam dalam air dingin, lalu kompreskan di area bruntusan 10 menit. Tapi jangan sekali-kali langsung menaruh es batu pada permukaan kulit secara langsung.
(Baca juga: penyebab wajah kusam)

3. Memakai Lidah Buaya
Seperti sudah menjadi rahasia umum, manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit tubuh dan wajah telah banyak diketahui orang. Anda pun pasti sudah tahu pasti bahwa di dalam lidah buaya ada kandungan emolien, antijamur, antibakteri, dan anti inflamasi yang tinggi. Selain melembabkan dan melembabkan kulit, lidah buaya adalah bahan terbaik pula untuk mengurangi gatal dan menghilangkan bruntus kemerahan.

Caranya: Sebetulnya cara ini begitu sederhana karena Anda hanya perlu menyiapkan ekstrak gel lidah buaya yang masih segar dari daunnya langsung. Setelah diambil gelnya, aplikasikan ke area kulit wajah yang kemerahan karena bruntusan. Diamkanlah paling tidak 20 menit sebelum Anda menggunakan air bersih untuk membilasnya. Melakukan perawatan kulit bruntusan dengan lidah buaya ini sebaiknya sehari 3 kali hingga bruntusan hilang.
Bila di rumah tak mempunyai tanaman lidah buaya untuk diambil gelnya, Anda boleh membeli ekstrak atau gel lidah buaya di luaran.

4. Memanfaatkan Minyak Zaitun
Minyak zaitun ekstra virgin adalah salah satu bahan alami paling ampuh dalam melembabkan kulit. Untuk kulit wajah yang terkena bruntusan sekalipun, minyak ini mampu menyembuhkan dan menghilangkan bruntusan hingga tuntas dengan sifat antioksidan serta kandungan vitamin E-nya.

Caranya: Ambil saja minyak zaitun secukupnya untuk kemudian Anda kombinasikan dengan madu murni dengan takaran yang sama. Larutan ini bisa Anda oles ke bagian yang bruntusan beberapa kali dalam sehari setiap harinya sampai bruntusan hilang.
Alternatif: Cara lain yang sama ampuhnya adalah dengan mencampurkan bubuk kunyit sedikit dengan minyak zaitun secukupnya. Larutan ini dapat Anda aplikasikan ke kulit wajah yang terkena bruntusan sehari 2 sampai 3 kali selama beberapa hari. Karena mengandung anti inflamasi dan antibakteri, kunyit mampu memudarkan ruam bruntusan tersebut dan mengurangi rasa gatal yang diakibatkannya. Melakukan perawatan ini setiap hari jelas bakal memberikan hasil lebih sempurna dan optimal.
(Baca juga: cara mengatasi kulit kering pada wajah)

5. Menggunakan Kamomil
Kamomil merupakan sebuah bahan alami lainnya yang tak kalah efektif untuk menghilangkan bruntusan mengganggu pada wajah. Bahan ini memiliki kandungan penenang alami yang baik dan aman untuk kulit di mana rasa gatal dan peradangan pun akan berkurang. Penyembuhan juga bakal lebih cepat berkat sifat anti inflamasi dan anti iritannya. Efek antivirus, antijamur dan antibakterinya sangat tinggi sehingga Anda boleh mengandalkannya.

Caranya: Sediakan kain atau handuk tipis bersih yang bisa Anda rendam pada teh kamomil beberapa waktu. Setelah direndam, Anda dapat mengompreskannya ke area kulit wajah beruam sekitar 10-15 menit. Melakukannya selama beberapa hari di mana seharinya 2-3 kali akan memberikan hasil optimal.
Alternatif: Jika ingin cara lainnya, Anda boleh memilih minyak esensial kamomil yang juga tak kalah bagus dan ampuh. Ambil beberapa tetes dan campurkan dengan 2 sendok teh minyak kelapa. Larutan inilah yang kemudian bisa Anda gunakan untuk dioles ke wajah yang bruntusan secara merata. Melakukannya sehari beberapa kali akan jauh lebih mujarab hasilnya.

Sumber

https://klinikkecantikan.co.id/perawatan/wajah/cara-menghilangkan-bruntusan-di-wajah