Bagaimana cara mengatasi bercak putih pada gigi

Bercak putih pada gigi atau Fluorosis gigi

Bercak putih pada gigi, biasa disebut Fluorosis gigi, adalah penyakit kronis yang berkembang baik sebelum atau setelah gigi tumbuh, yang biasanya terjadi karena mengonsumsi sejumlah besar air atau produk dengan kandungan senyawa fluorin yang tinggi.

Bercak-bercak putih di gigi disebabkan oleh hilangnya kandungan mineral di permukaan atau enamel gigi. Kerusakan ini disebut sebagai hipokalsifikasi, dan bercak putih tersebut disebut hipoplasia. Karena menandakan kerusakan pada enamel gigi, bercak ini merupakan tanda awal karies atau terbentuknya lubang pada gigi.

Ada banyak cara untuk mengatasi bercak gigi; sekalipun Anda sebaiknya berusaha mencegahnya sebelum terbentuk.

Buat pasta gigi mineral sendiri.

Mengembalikan kandungan mineral seperti kalsium mungkin dapat membantu menguatkan gigi. Salah satu cara menghilangkan bercak putih dan tanda kerusakan gigi lainnya adalah dengan membuat pasta gigi mineral yang kaya akan kalsium dan unsur penting lainnya. Bahan aktif seperti soda kue yang bersifat abrasif juga dapat mengelupas bercak putih dan mengembalikan pH normal mulut Anda. Untuk membuat pasta gigi mineral:[2]

  1. Campurkan 5 sendok makan (74 ml) bubuk kalsium, 2 sendok makan (30 ml) soda kue, dan 1 sendok makan (15 ml) tanah diatom ke dalam mangkuk kecil. Anda juga bisa menambahkan 3 sendok makan bubuk xylitol untuk membantu mengurangi rasa pahit pasta gigi.

  2. Tambahkan sedikit minyak kelapa hingga seluruh bahan membentuk pasta. Biasanya dibutuhkan sekitar 3-5 sendok makan (44-74 ml) minyak kelapa.

  3. Jika suka, Anda juga bisa menambahkan 1 atau 2 tetes minyak asiri yang aman ditelan. Pilihan minyak asiri yang banyak digunakan antara lain mint, lemon, dan kayu manis.

  4. Simpan pasta dalam stoples rapat, dan gunakan untuk menyikat gigi 2-3 kali sehari.

Buat bubuk gigi kaya mineral.

Jika Anda lebih suka menggunakan bubuk ketimbang pasta untuk menyikat gigi, Anda bisa membuat bubuk kaya mineral menggunakan lempung bentonit. Bentonit dapat menyerap logam berat dan racun dari gigi dan mengembalikan keseimbangan pH mulut Anda. Bentonit kaya akan mineral seperti kalsium, magnesium, dan silika, serta mampu membantu menghilangkan bercak-bercak putih di gigi Anda. Untuk membuat bubuk gigi kaya mineral di rumah:

  1. Campurkan 4 sendok makan (60 ml) bentonit, 3 sendok makan (44 ml) bubuk kalsium, 1 sendok makan (15 ml) bubuk kayu manis, 1 sendok teh (5 ml) bubuk cengkih, 1 sendok makan (15 ml) bubuk xylitol, dan 1 sendok makan soda kue (15 ml) dalam sebuah mangkuk kecil.

  2. Jika suka, Anda juga bisa menambahkan 2 sendok teh (10 ml) serbuk daun mint, atau beberapa tetes minyak asiri pepermin atau kayu manis yang aman ditelan agar bubuk gigi terasa lebih segar.

  3. Simpan bubuk gigi dalam stoples rapat, dan oleskan dengan jari atau sikat gigi 2-3 kali sehari.

Berkumurlah dengan teh hijau beberapa kali dalam sehari.

Teh hijau adalah bahan alami yang terkandung dalam sejumlah obat homeopati, serta juga berkhasiat untuk membantu menghilangkan bercak putih di gigi. Teh hijau adalah suatu bahan yang kaya akan mineral dan vitamin, sehingga mungkin dapat membantu mengembalikan mineral pada gigi. Teh hijau juga mengandung katekin yang berkhasiat sebagai antibakteri, sehingga dapat membantu mencegah timbunan plak. Selain itu, teh hijau juga merupakan sumber florida alami. Untuk menggunakan teh hijau:

  1. Rendam satu kantung daun teh hijau dalam 1-2 cangkir (200-500 ml) air hangat selama sekitar 5 menit sebelum mengangkatnya.

  2. Biarkan suhu teh turun hingga dapat Anda gunakan dan tidak lagi terlalu panas. Setelah dingin, teguk sebagian teh, dan gunakan untuk berkumur di dalam mulut selama 30 detik hingga 1 menit. Ulangi hingga teh habis.

  3. Ulangi cara ini sekitar 2-4 kali setiap hari.

Cobalah oil pulling.

Oil pulling adalah pengobatan kuno yang menggunakan minyak asiri untuk mengeluarkan racun dari mulut. Oil pulling juga dapat memutihkan gigi, mencegah mulut kering, dan mengembalikan kandungan mineral dalam gigi. Oil pulling secara teratur dapat membantu menghilangkan bercak putih pada gigi sekaligus menguatkan gigi dan gusi Anda. Oil pulling paling bagus dilakukan di pagi hari setelah bangun tidur, walaupun Anda juga bisa melakukannya sekali lagi di malam hari untuk mempercepat hasilnya.

  1. Tuangkan sekitar 1-2 sendok makan (15-30 ml) minyak kelapa atau minyak wijen organik dan masukkan ke dalam mulut Anda.

  2. Sebagai permulaan, gunakan minyak untuk berkumur hingga mengenai seluruh bagian dalam mulut selama sekitar 1-2 menit. Setelah Anda terbiasa melakukannya, tambah waktu berkumur hingga 20 menit jika bisa.

  3. Setelah berkumur dengan minyak selama waktu yang ditentukan, buang, dan berkumurlah dengan air hangat.

  4. Lanjutkan oil pulling dengan menyikat gigi menggunakan pasta atau bubuk gigi kaya mineral.

Oleskan sari lemon ke gigi.

Sebagian bahan yang terkandung dalam produk yang dijual bebas dapat menyebabkan kerusakan gigi dan memperparah bercak-bercak putih. Hal ini disebabkan oleh kandungan bahan pemutih dan bahan kimia lain yang dapat menipiskan, mengubah warna dan melemahkan enamel gigi. Karena bercak-bercak putih merupakan pertanda kerusakan pada enamel gigi, mencoba mengatasi bercak namun memperparah kerusakannya adalah hal yang tidak bermanfaat.

Cobalah mencelupkan korek kuping ke dalam sari lemon segar kemudian mengoleskannya di gigi. Sari lemon segar adalah bahan pemutih alami, sehingga aman untuk memutihkan gigi dan memudarkan bercak putihnya secara alami.