Bagaimana Cara Mengapresiasi Kehadiran Seseorang di Sekitar Kita?

semakin beranjak dewasa tentu saja waktu kita bersama dengan teman juga berkurang. Semakin beranjak dewasa juga tentu saja kita akan lebih selektif lagi dalam mencari teman, entah karena pengalaman yang kurang baik dengan teman terdahulu atau alasan pribadi lainnya.

untuk itu, saya rasa sangat penting untuk mengapresiasi kehadiran seseorang yang ada bersama saya saat ini. kalau saya sendiri lebih banyak menghargai, semisal dia mengajak untuk keluar jalan saya akan berusaha untuk meluangkan waktu saya.

selain itu, menurut saya sangat penting menghargai seseorang saat bertemu seperti menghindari memainkan telepon pintar jika tidak ada yang penting terutama apabila teman saya sedang berbicara.

nah, menurut Youdics sendiri penting atau tidak sih mengapresiasi kehadiran seseorang tersebut? dan bagaimana cara yang kalian gunakan untuk mengapresiasinya?

Saya pribadi selalu mencoba menghargai setiap orang yang mau atau hendak memulai obrolan dengan saya. Menurut saya, ketika orang lain mau menghabiskan waktu dengan kita berarti secara tidak langsung mereka juga ingin kita memberikan hal yang sama. Saya berusaha untuk memberikan hal yang sepadan, yang penting hal tersebut tidak merugikan diri saya sendiri dan orang lain. Cara yang sering saya lakukan untuk mengapresiasi kehadiran seseorang yang punya kepentingan dengan saya adalah mencoba memberikan perhatian lebih terutama saat mereka mulai membuka topik obrolan dan berusaha menyeimbangi ke arah mana obrolan tersebut berlanjut. Tujuannya supaya lawan bicara merasa bahwa kita juga tertarik dengan topik yang dibawakan sehingga merasa diterima pada saat itu.

Selain itu, mungkin dengan memberikan perhatian pada detail-detail kecil, seperti memuji penampilannya, menanyakan kabar orang terdekatnya, membantunya dalam hal sepele, menawarinya sesuatu, saya rasa bisa membuat lawan bicara merasa nyaman dengan kita. Juga tak lupa, ketika akan berpisah, saya selalu mengucapkan kalimat ini, “Hati-hati ya di jalan! Kabari kalau sudah sampai! Nanti kalau ada waktu, kita bisa lah ketemu lagi. See you, byee!” Menurut saya, dengan berkata demikian, kita memberikan kesan bahwa pertemuan dengannya itu menyenangkan dan kita mengharapkan momen tersebut terulang. Itu juga salah satu cara saya mengapresiasi seseorang di sekitar.

1 Like

berkomunikasi secara bersahabat kepada orang lain untuk menunjukkan rasa apresiasi anda kepada mereka adalah dengan menemukan banyak cara untuk mengatakan bahwa anda mengapresiasi mereka karena nyatanya memang banyak sekali cara yang bisa anda pilih untuk menyatakan bahwa anda mengapresiasi mereka.

Mungkin dengan mengatakan I appreciate merupakan salah satu cara mengapresiasi orang secara umum. Ada banyak sekali cara yang bisa anda gunakan untuk mengungkapkan penghargaan yang lebih langsung dengan cara yang spesifik. Ini penting karena tiap orang menerima apresiasi dengan cara yang berbeda. Mungkin ada beberapa contoh yang bisa anda ucapkan kepada orang terdekat misal sahabat anda atau pasangan anda, bagaimana anda mengapresasi mereka.