Bagaimana cara mengaplikasikan concealer?

Concealer adalah salah satu produk kosmetik yang dapat menyamarkan flek hitam atau jerawat. Selain itu, concealer juga bermanfaat untuk menutupi kantung mata sehingga wajah terlihat lebih segar.
32

Untukmu yang memiliki noda hitam atau bekas jerawat tentu sangat terbantu dengan hadirnya concealer. Selain dapat meratakan warna kulit, concealer dapat menetralkan warna kemerahan pada kulit.

Berikut ini adalah 7 cara mengaplikasikan concealer :

1. Pakailah Pelembap Terlebih Dahulu

Pelembap sangat berperan untuk menjaga kelembapan wajah sekaligus mengunci riasan wajah agar tidak terlihat retak atau cakey.

Pemilihan pelembap yang tepat juga akan mempengaruhi hasil riasan. Jadi, pastikan pelembap yang kamu pilih sesuai dengan kulit wajah, ya! Jika kulitmu cenderung berminyak, pelembap dengan kandungan oil-free sangat tepat untuk kamu gunakan. Sebab, pelembap jenis ini tidak akan membuat wajahmu semakin berminyak.

Sebaliknya, jika kulit cenderung kering, maka jatuhkanlah pilihanmu pada pelembap dengan tekstur yang mudah meresap. Dengan tekstur yang demikian, formula pelembap akan bekerja menahan air pada jaringan kulit sehingga kulit akan selalu terlihat kenyal dan lembut.

2. Urutan Pakai Yang Benar

Terkadang pertanyaan yang kerap terjadi, mana yang lebih dulu dipakai, foundation atau consealer? Memang untuk satu hal ini setiap perempuan memiliki kenyamanan sendiri-sendiri. Namun sebenarnya semua tergantung pada hasil akhir dan tujuan yang diinginkan.

Ketika kamu menginginkan noda merah atau hitam tersamarkan, maka lebih baik untuk menggunakan foundation terlebih dahulu agar concealer tidak rusak saat dilapisi riasan wajah lainnya.

Jika kamu ingin menyamarkan lingkar gelap di bawah mata, gunakan concealer sebelum foundation. Dengan begini, warna kulit akan terlihat netral ketika foundation digunakan.

3. Memilih Jenis Concealer Yang Tepat

Pemilihan concealer yang tepat akan membantumu dalam mengoreksi dan menyamarkan noda yang tidak diinginkan. Jangan sampai asal pakai, ya. Sebelum memakai, ketahui dulu jenis concealer yang cocok dengan jenis kulitmu.

Concealer dengan bentuk cair mungkin masih menjadi salah satu jenis yang menjadi favorit yang digunakan. Teksturnya yang mudah dibaurkan, cocok juga bagi semua jenis kulit.

Khususnya pada area mata, samarkan kerutan dengan concealer cair yang akan mengisi kerut dengan lebih maksimal. Baurkan tipis-tipis di sudut bagian luar mata.

Kamu juga dapat menggunakan stick concealer yang hadir dalam bentuk seperti pulpen atau lipstik. Teksturnya creamy dan warna lebih solid akan cocok dipulaskan pada area wajah yang berfungsi untuk menyamarkan bekas jerawat. Karena teksturnya yang sedikit berat, concealer ini juga sangat pas untuk menutupi kemerahan pada wajah.

Namun jika jenis kulitmu tipe kombinasi, kering dan sensitif, biasanya cream concealer akan cocok untuk jenis kulit ini. Cream concealer memiliki hasil akhir yang mengkilat dan juga creamy.

4. Jangan Lupa, Pilihlah Warna Yang Sesui Dengan Warna Kulit

Concealer tidak hanya memiliki satu warna yang menyerupai kulit. Ada concealer warna hijau, orange, hijau, dan ungu yang bisa digunakan sesuai dengan permasalahan kulit wajah.

Tetapi untuk menyamarkan noda hitam pada wajah, pilihlah jenis concealer dengan warna yang paling mendekati kulit asli. Tapi hal itu tidak berlaku jika kamu menginginkan menghilangkan mata panda.

Tak perlu khawatir, pilihan concealer warna kuning atau peach dapat menyamarkan noda hitam akibat mata panda. Namun ketika ada jerawat kemerahan, samarkan dengan concealer berwarna hijau yang dikombinasi dengan warna kulit wajah. Kombinasi dua warna tersebut bisa menutupi jerawat dengan sempurna.

5. Jangan diseret!

Terkadang masih banyak perempuan yang kerap menyepelekan cara pengaplikasikan concealer. Kalau kamu lebih sering mengaplikasikan concealer dengan cara disapukan atau diseret, akan lebih baik segera kamu hentikan. Ya, cara tersebut justru membuat aplikasi concealer tidak maksimal.

Sebaiknya aplikasikan concealer dengan cara ditepuk lembut dengan jari tangan atau beauty blender. Beauty blender akan meratakan concealer dengan sempurna, sehingga tidak ada retakan atau kerutan yang terbentuk akibat penggunaan concealer.

6. Ratakan Ke Seluruh Bagian Wajah

Perlu diperhatikan juga bahwa penggunaan concealer tidak hanya dibagian kulit yang bermasalah. Masalah yang kerap ditemui adalah munculnya bercak putih di bagian bawah kulit mata.

Pastikan kamu tidak mengoles concealer terlalu banyak pada bagian ujung mata. Pusatkan pada bagian tengah bawah mata dan sekitarnya untuk hasil terbaik.

Namun kamu juga harus meratakannya ke seluruh bagian kulit wajah. Dengan begitu warna concealer akan terlihat membaur dan tidak belang.

7. Akhiri Dengan Polesan Bedak Secara Merata

Pada akhir pengaplikasian, pemakain bedak akan membuat kesan lebih halus pada tekstur concealer. Bedak berguna menjaga tekstur concealer tetap awet dan tidak mudah luntur saat terkena keringat. Fokuskan sapuan bedak di area dimana kamu memakai concealer agar riasan kamu tahan lama.

Source

https://www.avoskinbeauty.com/blog/beginilah-7-cara-mengaplikasikan-concealer-yang-benar/